Polisi Temukan Sabu-sabu dan Uang Palsu

Tiga Tersangka Curanmor Ditangkap


Sabtu, 25 Juni 2016 - 07:46:16 WIB
Tiga Tersangka Curanmor Ditangkap Tersangka pencuri dan pengedar uang palsu saat press conference di Polresta Padang, Jumat (24/6). Polisi berhasil mengungkap peredaran uang palsu senilai Rp 23 juta, dan pencurian mobil. (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN — Polresta Padang berhasil mengangkap tiga  tersangka yang diduga melakukan pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Dari tersangka ini, polisi juga menemukan sabu-sabu dan uang palsu.

Ketiga pelaku yang ber­profesi sebagai sopir ini sudah menjadi Target Ope­rasi (TO) polisi tersebut ditangkap di lokasi yang berbeda. Tersangka Januardi alias Ardi (30) warga Jalan By­pass Kayu Gadang Kel­u­rahan Kuranji Kecamatan Kuranji diamankan pada Senin (20/6) dinihari sekitar pukul 03.30 WIB di Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

Alfiansyah alias Aan (35) warga Balai Gurah Ampek Angkek Kabupaten Agam yang diamankan pada Jumat (24/6) dinihari sekitar pukul 04.00 WIB diamankan di Kota Bukittinggi, dan Jutson Kurniawan (28) warga Jalan Aur Duri Nomor 61 A RT 02 RW 03 Kelurahan Parak Gadang Timur Kecamatan Padang Timur, ditangkap pada Jumat (24/6) sekitar pukul 06.00 WIB di dalam sebuah rumah di Kelurahan Kampung Tanjung, Keca­matan Lubuk Begalung.

“Tiga orang tersangka yang ditangkap tersebut berhasil dibekuk karena maraknya terjadi laporan kehilangan kendaraan ber­motor di Kota Pa­dang. 

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Te­r­sangka adalah ja­ringan cu­ranmor tingkat provinsi,” ungkap Ka­pol­resta Padang, AKBP Chairul Aziz di ha­dapan sejumlah awak media di Ruang Per­temuan Utama (Rupatama) Polresta Pa­dang, Jumat (24/6).

Informasi yang berhasil dirangkum Haluan, se­dikit­nya ada 16 lokasi yang men­jadi sasaran para pelaku ini untuk melancarkan aksi­nya, di antaranya di kawasan Padang Utara empat TKP dengan rincian mobil yang berhasil dicuri sebanyak dua unit dan sepeda motor se­banyak dua unit, Polsek Nanggalo sebanyak lima kasus, Pauh sebanyak dua kasus, dan masing-masing satu kasus di wilayah hukum (wilkum) Polsek Koto Ta­ngah, Padang Timur, Padang Selatan, Kuranji, dan Lubuk Begalung sebanyak satu kasus.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

“Setiap melakukan aksi­nya, pelaku merental satu unit mobil jenis Toyota Avanza dari Kota Pekan­baru, Provinsi Riau. Kemudian mobil yang dirental dijual dan hasilnya dibagi sama banyak. Pelaku ini me­laku­kan aksi curanmor pada pagi hari pukul 03.00 WIB hing­ga pukul 04.30 WIB dengan cara merusak kunci pintu, kemudian memutuskan ka­bel mobil, setelah itu mobil yang berhasil dicuri dibawa ke Kabupaten Solok Selatan hingga sampai ke Kerinci, Provinsi Jambi untuk ke­mudian dijual,” ungkap Chairul.

Adapun Barang Bukti (BB) yang berhasil di­ama­n­kan oleh petugas di an­ta­ranya satu unit mobil jenis Mitshubishi L 300 mi­nibus warna putih dengan nomor polisi BA 1624 QJ, dengan TKP di Jalan Ge­lugur Blok H Nomor 2 Wisma Indah I Kampung Lapai Ke­ca­matan Nang­galo dengan nomor laporan : LP/218/K/VI/2016/Sek­tor Nang­galo tang­gal 13 Juni 2016.

Baca Juga : Jadikan Padang Kota Bersih, Danlantamal II Ajak Warga Perang dengan Sampah

Satu unit mobil jenis Mitshubishi L 300 Pick Up warna hitam dengan nomor polisi BA 8838 BN dengan TKP di Jalan Berok Jem­batan Lama Nomor 40 Site­ba, Kecamatan Nanggalo dengan nomor laporan : LP/220/K/VI/2016/Sektor Nang­galo tanggal 16 Juni 2016.

Satu unit mobil jenis Mitshubishi Colt T 120 SS Pick Up warna putih dengan nomor polisi BA 8487 TN yang diubah dengan nopol palsu, BA 2346 TZ dengan TKP di Kampung Koto Kelu­rahan Gurun Lawas, Ke­ca­matan Nanggalo de­ngan no­mor laporan : LP/649/K/V/2016/Polresta Pa­ dang pada tanggal 16 Mei 2016

Satu unit mobil jenis Mitshubishi Colt T 120 SS Pick Up warna putih dengan nomor polisi BA 8730 AN yang diubah dengan nopol palsu, BH 9547 DB dengan TKP di Komplek Taruko, Kecamatan Kuranji dengan nomor laporan : LP/338/K/V/2016/Sektor Kuranji pada tanggal 20 Mei 2016.

Satu unit mobil jenis Mitshubishi Colt T 120 SS Pick Up warna putih de­ngan nomor polisi BA 8918 FN dan satu unit mobil jenis Toyota Avanza warna Abu-abu metalik dengan nomor polisi BA 1052 JX yang digunakan oleh ter­sangka setiap melakukan aksinya.

Untuk melancarkan aksi­nya, sebanyak empat unit kunci ‘T’, obeng dan pisau cutter pun digunakan oleh gembong Curanmor ini di dalam mobil hasil curian yang dikendarai oleh Ja­nuardi.

“Untuk satu unit mobil jenis Toyota Avanza yang digunakan oleh pelaku, saat ini kami sudah me­nyita mobil tersebut di Kabupaten Padang Pa­ria­man. Se­men­tara untuk TKP yang lain terkait kasus ini, Jajaran Polsek-polsek yang ada di Ko­ta Padang selalu ber­koordinasi de­ngan Pol­resta Pa­­dang,” ujar Mantan Ka­polres Dhar­masraya ini.

Temukan sabu-sabu dan uang palsu

Hasil pengembangan dan pe­nyelidikan pihak Pol­resta Padang terkait kasus curan­mor antar provinsi ini ‘akhir­nya’ mengembang dan me­nim­bulkan kasus baru lainnya yang juga tidak ka­lah hebat.

Betapa tidak, disaat pe­nangkapan ketiga tersangka ini, polisi juga menemukan uang kertas palsu dengan pecahan 50 ribu dengan total nilai Rp.23.750.000 dengan bungkusnya yang ber­tulis­kan Bank Mandiri.

“Uang palsu ini kami temukan saat melakukan penangkapan terhadap salah satu Jutson Kurniawan di dalam sebuah rumah di Ke­lurahan Kampung Tan­jung, Kecamatan Lubuk Bega­lung,” tambahnya.

Tidak kalah me­nge­jut­kan­nya, beberapa unit pe­ralatan shabu-shabu juga ditemukan di dalam mobil milik tersangak Januardi ketika tersangka diamankan di Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan pada Senin (20/6) lalu.

Chairul mengaku pi­hak­nya akan terus berupaya mengembangkan kasus ini terkait adanya ke­mung­kinan barang bukti dan tersangka yang baru. “K­ami sudah meminta se­tiap jajaran Pol­sek yang ada di Kota Padang agar selalu berkoordinasi dengan sa­tuan fungsi terkait yang ada di Polresta Pa­dang,” tu­tupnya. (h/mg-adl)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]