Masjid Harus Terdaftar di KPPTMasjid Harus Terdaftar di KPPT


Senin, 27 Juni 2016 - 04:45:51 WIB
Masjid Harus Terdaftar di KPPTMasjid Harus Terdaftar di KPPT

PADANG PANJANG, HALUAN — Peme­rintah Kota Padang Panjang menerapkan kebijakan bagi masjid yang akan meng­ajukan permohonan dana hibah dari pemerintah daerah, harus terdaftar di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) yang ada di daerah itu.

Kepala Bagian Kesra Setdako Padang Panjang Drs.Eri ketika ditemui me­nyam­paikan,kebijakan itu dilakukan mengingat selama ini, pemberian bantuan dana hibah oleh pemerintah daerah terkendal oleh aturan yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Bagi masjid yang telah terdaftar di KPPT lah yang bisa mengajukan bantuan dana hibah, bagi yang belum kami sarankan untuk segera mengurunya,” ujar Eri.

Selama ini, lanjut eri, bantuan sosial (Bansos) untuk masjid yang ada di Padang Panjang terbentur dengan aturan dari pemerintah pusat. “Namun solusinya sekarang sudah ada, masjid harus terdaftar di KPPT terlebih dahulu, baru bisa men­dapatkan bantuan dari dana APBD,” tam­bahnya.

Untuk saat ini masjid yang ada di Padang Panjang belum ada satu­pun yang terdaftar di KPPT. “Kami sudah memberikan pemahaman kepada pengurus masjid terkait mekanisme bantuan dana hibah kepada masjid,” lanjutnya.

Ia berharap seluruh masjid yang ada di Padang Panjang bisa terdaftar di KPPT setempat, sebagai prosedur dalam mene­rima bantuan dari pe­merintah.

Masjid, sebutnya sebelum men­dapatkan dana hibah dari Pemko Padang Panjang terlebih dahulu membuat proposal bantuan kepada instansi terkait.

“Dalam hal ini pengurus masjid mem­buat proposal yang ditujukan kepada Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Padang Panjang. Ban­tuan dana hibah untuk masjid tidak bisa secara berkelanjutan setiap tahunnya, karena terbentur dengan aturan Bansos dari pemerintah pusat, bantuan bisa diterima oleh masjid satu kali dalam dua tahun,” terangnya. (h/mg-pis)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]