JK: Waspadai Perubahan Politik Luar Negeri


Senin, 27 Juni 2016 - 04:53:29 WIB
JK: Waspadai Perubahan Politik Luar Negeri Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat menghadiri silaturahmi dan buka puasa bersama di JK Jenggala Jakarta, Sabtu (25/6). Wapres menilai, jika politik di Indonesia mampu berbenah dan awas segala kekurangan di awal.

JAKARTA, HALUAN — Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla ( JK) bangga dengan politik Indonesia dibandingkan dengan negara lain. JK menilai pada hakikatnya tidak ada lawan seteru politik di Indonesia.

“Dari sisi politik kita beda de­ngan negara lain. Negara lain se­lalu ada hitam putih, di In­do­nesia tidak ada. Hari ini opo­si­si besok jadi (kawan) pe­me­rin­tahan,” ujar JK saat meng­ha­diri silaturahmi seka­li­gus aca­ra buka puasa bersama di JK Jenggala, Kebayoran Ba­ru, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6).

Positifnya perpolitikan di In­­­donesia, menurut JK, mam­pu berbenah dan awas segala ke­­­kurangan di awal. Terlebih la­­­gi, sekarang ini partisipasi da­­e­rah dalam melakukan per­bai­­kan sistem politik mulai di­be­­na­hi.

“Banyak kemampuan yang kita bisa perbaiki, kelola, tidak luput kemampuan daerah yang kita tingkatkan,” kata dia.

Meski begitu, JK tetap meminta seluruh masyarakat Indonesia tetap harus waspada dengan perubahan-perubahan politik di luar negeri. Seperti baru-baru ini negara Inggris resmi mengundurkan diri dari Uni Eropa atau dikenal dengan sebutan Brexit (British Exit).

Menurut JK, bukan tidak mungkin apa yang terjadi terhadap Inggris saat ini akan berpengaruh terhadap Indo­nesia di berbagai sektor.

“Menghadapi tantangan ke depan, bukan tantangan dari dalam. Tapi apa akibat Eropa, apa akibat Amerika, kita harus bisa berdiri tegak dan seder­hana. Itulah tantangan-tanta­ngan yang harus kita hadapi,” tukasnya. (h/mdk)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]