Hindarai Peredaran Uang Palsu

Masyarakat Diimbau Bertransaksi Nontunai


Senin, 27 Juni 2016 - 04:58:28 WIB
Masyarakat Diimbau Bertransaksi Nontunai Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar), Puji Atmoko.

PADANG, HALUAN — Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar), Puji Atmoko mengimbau masyarakat yang menggunakan uang tunai untuk lebih berhati-hati terhadap peredaran uang palsu.

“Imbauan saya supaya masya­ra­kat tetap waspada dalam ber­tran­­saksi menggunakan uang tu­nai. Ciri-ciri uang asli mesti harus di­ketahui seperti 3D, yakni dili­hat, diraba, dan diterawang. Ja­ngan lupa 3D yang lain ya, di­da­pat, disimpan dan disayang uang ru­piahnya gar tidak cepat lu­suh. Seperti yang terus saya sosia­lisa­si­kan, masyarakat bisa menu­kar­kan uang di tempat yang resmi, seperti bank-bank umum dan BPR,” ujar Puji di Padang, Jumat (24/6).

Baca Juga : Sinkronisasi Program Pertanian, Genius Umar Kunjungi UPT Balai Benih Induk di Padang

Ia mengutarakan, dalam mela­yani penukaran uang di sejumlah tempat, BI sekaligus melakukan so­sialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah yang dikenal dengan sing­katan CIKUR. “Baiknya dalam setiap transaksi, sejauh mungkin dilakukan dengan non tunai sehingga lebih nyaman, aman, tercatat, serta dalam nilai bera­papun besarnya pecahan. Yang terpenting, terhindar pula dari potensi uang palsu,” imbaunya.

Ia melanjutkan, dalam meng­hin­dari uang palsu, masyarakat se­dapat mungkin tidak menu­kar­kan uang di tempat yang tidak res­mi karena dikhawatirkan bisa me­ngurangi lembarannya dan ber­kemungkinan terdapat uang palsu.

Baca Juga : Merger Gojek-Tokopedia, Driver Yakin Orderan Makin Gacor

“Kasus yang sudah ditemui, se­perti kedapatan uang palsu, men­jadi pelajaran bagi kita supaya le­bih waspada dan berhati-hati,” ka­tanya.

Mengenai peredaran uang pal­su, pihaknya akan terus bekerja sa­ma dengan Polda Sumbar kare­na memang sudah ada perjanjian ker­j­a sama kedua belah pihak ter­se­but pada akhir Juli 2015. (h/win)

Baca Juga : Nasabah Bank Nagari Cabang Utama Raih Sepeda Motor N-Max pada Penarikan Undian Gebyar KCU/Pembiayaan Akhir Tahun 2020

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]