Quaresma Jadi Pahlawan Portugal


Senin, 27 Juni 2016 - 05:02:19 WIB
Quaresma Jadi Pahlawan Portugal Ricardo Quaresma

Lens, Haluan — Por­tugal berhasil melangkah ke perempatfinal Piala Eropa 2016. Ricardo Quaresma menjadi pahlawan melalui Gol tunggalnya  di babak tambahan.  Mereka menang 1-0 atas Kroasia di Stade Bollaert-Delelis, Minggu (26/6/).

“Kami bekerja keras. Ka­mi tahu kesulitan-kesulitan apa, tekanan apa yang akan kami hadapi melawan me­reka. Menurutku, permainan kami sangat baik dan kami selalu yakin. Kami pantas memberi selamat atas de­dikasi kami ini,” ujar sang pahlawan, seperti dikutip dari lama resmi Euro 2016.

 Kroasia bermain lebih dominan dengan pe­ngua­saan bola mencapai 58%. Tapi dominasi itu tak di­imbangi jumlah ancaman ke gawang lawan.Malah kedua tim tak mampu mencatatkan percobaan on target selama 90 menit. Tak ada gol di waktu normal, laga pun akhirnya dilanjutkan ke babak tambahan. Situasi sempat tampak tak berubah, sampai di menit-menit akhir.

Dalam sebuah serangan, peluang Kroasia lewat Ivan Perisic dimentahkan tiang gawang. Portugal lantas me­lakukan serangan balik dan berbuah gol. Sepakan Cris­tiano Ronaldo ditepis, bola pantulan kemudian dicocor Quaresma dengan mudah ke gawang kosong.

Secara total, Portugal cuma punya lima tembakan dan hanya dua yang me­ngarah ke gawang, keduanya dicatatkan di babak tam­bahan. Sedang Kroasia pu­nya 15 percobaan dan tak satu­pun mengarah ke gawang.

Pelatih Portugal, Fer­nando Santos, tak risau de­ngan performa timnya yang tak mengesankan kala me­ngalahkan Kroasia. Dia juga me­ngakui Portugal be­run­tung. “Itu ada­lah per­tan­di­ngan yang sangat taktis. Por­tugal men­coba me­­nga­m­bil alih, tapi Kroasia tidak memberi ke­sem­pa­tan, begitu juga se­baliknya. Anda ha­rus melihat dari dua sisi mata uang,” ujar Santos seperti dikutip dari Sky Sports.

Pelatih Kroasia Ante Ca­cic mengakui timnya ke­su­litan menembus pertahanan rapat Portugal. “Segalanya sudah sempurna di luar fakta bahwa kami tidak mencetak gol. Kami tidak sukses da­lam serangan,” kata Cacic di situs resmi UEFA. (h/san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]