Saat Kaum Urakan Berbagi di Bulan Ramadan


Senin, 27 Juni 2016 - 05:19:29 WIB
Saat Kaum Urakan Berbagi di Bulan Ramadan BEBERAPA perwakilan dari berbagai komunitas, berfoto bersama anak asuhan Panti Aisiyah Padang, setelah melaksanakan kegiatan Ramadan Berbagi di Grase House, Siteba, Padang, Sabtu (25/6). (APIZ JACKSON)

Meskipun sering di anggap se­belah mata, ka­rena gaya dan keseharian ya­ng di anggap urakan, namun tak menghambat niat baik beberapa komunitas yang suka ber­penam­pilangan slengean ini untuk berbagi berkah dan rejeki di bulan Ramadan kali ini.

Beberapa komunitas yang berbeda latar belakang ini mam­pu bersatu dan berbagi keber­kahan Ramadan kepada para pengendara bermotor dan Anak Yatim Piatu, melalui kegiatan Sosial berbagi santapan berbuka dan buka bersama yang digelar di Garase House, Sekretariat Slankers Padang, di Jl. Raya Pondok Kopi Siteba Padang, Sabtu (25/6).

Baca Juga : Fauzi Bahar: Aturan Siswi Berjilbab Sudah 15 Tahun, Kok Baru Ribut?

Beberapa Komunitas yang tergabung dalam kegiatan sosial ini antara lain, Slankers Padang, JBI Padang, Kain Buruak, 18+, Ranah Hijau, Orijingan Scooters, Nelson, Rajo Mudo, dan Pemuda setempat.

Sore itu, saat sinar mantari mulai menepi, terlihat ke­ceria­an dari para pemuda ini dalam membagikan santapan berbuka kepada para pengen­dara yang lewat di depan gedung Poltekes Siteba.

Baca Juga : Usai Dilantik, Pengurus FAJI Kota Pariaman Mulai Susun Program Kerja

Setelah bingkisan habis dibagikan, para pemuda itu langsung menggelar kegiatan Tausiah Agama bersama An­ak Yatim Piatu Panti Asuhan Aisyiyah yang sengaja mere­ka undang untuk berbuka bersama di Garase House.

Tausiah Agama yang di­sam­paikan Ustad Muliardi mengangkat tema tentang makna yang terkandung da­lam surah Al-Maun. Saat ustad menyampaikan tausiah­nya, puluhan pasang mata dari Angggota Komunitas dan Anak Yatim tampak khusuk mendengar dengan serius apa yang di sampaikan.

Baca Juga : AJO Bersama Polres Pasbar Salurkan Bantuan ke Panti Asuhan

Setelah kegiatan Tausiah berakir di pengujung ter­benam­nya Matahari, diiringi berbunyinya sirine buka pua­sa, anggota Komunitas dan Anak Yatim langsung mencicipi san­ta­pan berbuka yang di­lanjut­kan dengan Salat Magrib berjamaah dan makan bersama.

Tak hanya itu, selama kegia­tan berlangsung, juga disuguhkan kegitan hiburan berupa atraksi sulap yang dimainkan langsung oleh Pak De, salah seorang pesu­lap asal Kota Padang, yang kebe­tulan juga anggota dari JBI Pa­da­ng. Rasa penasaran dan tawa ter­lihat jelas saat semua peserta fokus memperhatikan adegan sulap yang dipersembahkan Pak De.

Baca Juga : Kasus Pasutri Perkosa Wanita 26 Tahun, Polda Sumbar Turunkan Tim ke Bukittinggi

Pimpinan Panti Asuhan Ai­syiyah melalui Seksi Pendidikan Yulianis, mengaku sangat bangga melihat partisipasi anak muda yang masih mau memperhatikan dan memperdulikan anak yatim. Meskipun kadang ada orang menilai sebelah mata, namun perbuatan baik mereka ini bisa membuktikan bahwa penilaian negatif masyarakat selama ini tak semuanya benar.

“Kita jangan hanya lihat sesuatu dari kulit luarnya saja, meskipun pemuda-pemuda ini lebih cenderung dan suka ber­penampilan apa adanya dan terkadang urakan, namun apa yang ada dalam hati mereka membuktikan bahwasannya niat dan perbuatan baik tak dapat ditentukan oleh gaya berpakaian dan keseharian semata. Yang dilakukan anak muda hari ini adalah bukti pengamalan Surat Al-maun,” terang Yulianis.

Sementara itu, Ketua Pelak­sana Rafi Azis mengucapkan banyak terimakasih terhadap semua pihak yang telah mem­bantu menyukseskan acara ter­sebut, baik dari rekan-rekan Komunitas, Perusahaan, dan Pemerintah Kota yang telah memberikan sumbangan moril dan materilnya untuk kegiatan amal ini.

Alhamdulillah sampai saat ini kegiatan ini berjalan lancar, sekaligus kita juga menggelar doa bersama untuk salah sorang teman kita, Alm. Herry Su­dar­sonom yang dulu juga pernah menjadi ketua Slankers Padang,” ujar Rafi yang di damping Yudha Jie Blues.

Rafi menambahkan, satu kegiatan lagi masih mereka jalankan, yakninya pengumpulan barang bekas layak pakai, baik berupa pakaian maupun buku-buku bacaan yang nanti nya akan di sumbangkan kepada Anak Yatim.

“Kita masih menunggu jika ada kawan-kawan yang ingin menyumbangkan hartanya untuk anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin. Untuk yang telah berniat menyumbang silahkan diantar ke Garase House,” harap Rafi. (*)

 

Oleh : APIZ JACKSON

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]