Nagari Batu Hampa Selatan Mantapkan Kebersamaan Membangun Nagari


Senin, 27 Juni 2016 - 05:28:32 WIB
Nagari Batu Hampa Selatan Mantapkan Kebersamaan Membangun Nagari Suasana tatap muka pemerintahan nagari Batu Hampa Selatan Tarusan Pessel dengan para tokoh masyarakat terhadap pembangunan nagari yang dipandu oleh wali nagari Andi Hasan. (M JONI)

PAINAN, HALUAN — Untuk memantapkan dan kelancaran pelaksanaan pembangunan serta mengatasi berbagai gesekan dari masyarakat , dilaksanakan musyawarah bersama di kenagarian Batu Hampa Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan Pessel, Sabtu (25/6).

Wali nagari setempat Andi Hasan mengundang ninik mamak,tokoh dan ma­sya­rakat yang ada di wilayah kerjanya bertatap muka mem­­bicarakan tetang pem­bangunan nagari,kegiatan tersebut berlangsung di kan­tor wali nagari.

Dalam pertemuan ter­se­but juga dibahas tentang ada­nya isu yang ber­kem­bang, bahwa pembangunan yang dilaksanakan oleh na­gari dinilai tidak tepat sa­sa­ran. Gesekan yang be­kem­bang­kan tersebut dilu­rus­kan kem­bali melalui per­temuan pe­muka masyarakat, agar ti­dak menimbulkan kesa­la­han pe­naf­siran oleh masya­ra­kat.

Kegiatan tatap muka tersebut dihadiri oleh unsur Muspika kecamatan Koto XI Tarusan Pessel yaitu, Camat diwakili kabag peme­rinta­han Musliadi, Bripka pol Taslim( Polsek),Serda Okta Idriadi ( Koramil ), Ketua KAN Parlis Dt Bagindo Nan Gadang,ketua LPMN Dasril, ketua TPK kecamatan Koto XI Tarusan, ketua Bamus nagari Jamiris. Walinagari Batu Hampa Se­latan Tarusan Andi Hasan me­nyebutkan, segala bentuk pem­bangunan yang dilak­sa­nakan demi untuk kepen­ti­ngan kesejah­teraan masya­ra­kat.

Andi Hasan berharap se­mua element masyarakat ikut memberikan kontribusi da­lam  pengawasannya, ter­ma­­suk LSM dan Pers. Mari ber­sama sama sukseskan pem­bangunan dan juga menga­wasinya.

Kemudia ditegaskan,  da­na desa yang diman­faatkan untuk pembangunan nagari akan dipertangung jawab­kan, sesuai dengan keten­tuan aturan yang berlaku.

Disebutkan, suksesnya pem­bangunan nagari meru­pa­kan tanggung jawab se­mua elemen masyarakat, ma­ka pemerintahan nagari ber­sa­ma masyarakat saling besi­ner­gi dalam upaya men­do­rong percepatan pem­bangu­nan nagari,kemudian ni­nik ma­mak, tokoh masya­ra­kat me­rupakan pucuk pim­­pinan da­lam kaum me­mi­­liki andil un­tuk ikut ber­tanggung ja­wab dalam pe­nga­wasan ter­ha­dap pem­ba­ngunan nagari yang meman­fa­atkan dana desa.”Semua pembangunan yang dilak­sanakan harus berdasarkan dari usulan ma­sya­rakat na­gari,” ulasnya.

Sedangkan Ketua KAN Kecamatan Koto XI Tarusan Pessel Parlis Dt Bagindo Nan Gadang menilai, pertemuan tatap muka ini akan dapat membawa rasa kebersamaan membangun di nagari. Di­ingatkan bahwa ninik ma­mak, tokoh masyarakat me­mi­liki peranan penting un­tuk kelancaran pemba­ngu­nan nagari. Bila terjadi gejo­lak dalam pelaksanaan pem­bangunan supaya dapat dise­lesaikan secara arif dan bi­jak­sana dalam kaumnya.

Camat Tarusan Adi Susi­lo diwakili Kabag pemerin­ta­han Musliadi juga menga­takan hal yang sama. Seha­rus­nya masyarakat bersyukur ter­hadap kepedulian peme­rin­tah untuk pembangunan na­gari. Kini tidak sedikit da­na yang dialokasikan peme­rin­tah untuk kesejahteraan masyarakat nagari yang digu­nakan untuk pembangunan fisik, maupun pembangunan non fisik. Manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat. (h/mjn/dn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]