Bersama AKBP Susmelati Rosya, Masyarakat Nyaman Berpuasa


Senin, 27 Juni 2016 - 05:31:48 WIB
Bersama AKBP Susmelati Rosya, Masyarakat Nyaman Berpuasa Kapolres Kota Solok, AKBP Susmelawati Rosya.

TUGAS  polisi itu sebagai pengayon, pelindung dan pengaman masyarakat, sepertinya makin terwujud di wilayah hukum Polres Solok Kota. Soalnya, masyarakat memang merasa terayomi dan terlindungi sejak awal Ramadhan lalu. Aktifitas masyarakat di rumah maupun pasar Solok, berjalan lancar tanpa ada was-was akan terusik kenyamanannya.

Perlunya memberikan ke­nya­manan dan perlindungan pada masyarakat sudah merupakan tugas Polri, tugas itu pulahlah yang diwujudkan Kapolres Solok Kota yang baru Ajun Komisaris Besar Polisi(AKBP) Susmelawati Rosya, sejak menjabat Kapolres Solok Kota 2 bulan lalu, sasaran tem­baknya bagaimana memberikan rasa aman dan nyaman bagi ma­syarakat, baik saat berbelanja ke pasar Solok, pasar-pasar tradisional di kecamatan, nasabah bank dan area parkir yang sering menjadi sasaran penjahat.

Jika diperhatikan saban hari terutama ditempat-tempat kera­maian sejak awal Ramadhan lalu, puluhan personil Polres Solok Kota berada di lapangan secara shieff, mulai dari pasar Solok yang me­rupakan sentral pengamanan. Di pasar Solok puluhan personil melakukan kontroling dihampir titik-titik rawan.

Begitu juga di jalan utama, petugas Satlantas memberikan pengayoman pada masyarakat, baik saat menyeberang jalan, pengaturan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan. Pengamanan lalu lintas itu tidak hanya dika­wasan pasar, melainkan juga di kawasan pasar pabukoan. Puluhan personil polisi sibuk mengatur lalu lintas.

Beberapa orang pengunjung pasar Solok kepada Haluan me­ngakui sangat lega pergi berbelanja ke pasar Solok apalagi menjelang hari raya Idul Fitri yang tinggal menghitung hari. Saya tidak lagi merasa was-was kena copet mau­pun kemalingan karena banyak petugas polisi di pasar Solok. Melihat polisi berjaga-jaga, nyiut juga nyali pelaku copet untuk melakukan aksinya, ujar Rohana seorang ibu rumahtangga di pasar Solok.

Kapolres Solok Kota Sus­melawati Rosya yang ditanya Haluan usai apel Jumat(24/6), mengakui kalau personilnya dise­bar dihampir semua titik-titik rawan kejahatan, baik itu di pasar Solok, kawasan parkir, lembaga perbankan dan di mesjd-mesjid malam hari. “Sejak saya diberi kepercayaan memimpin Polres Solok Kota 2 bulan lalu, target saya yang utama adalah memberi per­lindungan, pengayomandan pe­ngamanan pada masyarakat, ini bukan hanya slogan saja melainkan harus dibuktikan di lapangan. Hampir 2/3 kekuatan Polres Solok Kota dikerahkan ke lapangan untuk me­­ngamankan pusat-pusat per­be­lanjaan, bank-bank, kawasan parkir dan mesjid-mesjid saat ber­lang­sungnya shalat tarwih berjemaah. Anggotanya sudah dibagi secara shieff mengamankan pusat kera­maian apalagi hari raya Idul Fitri tinggal hitungan hari, tingkat kunjungan masyarakat ke pasar Solok, bank-bank makin padat, pengamanan itu bukan hanya sampai disana malahan sebelum sahur juga dilakukan patroli oleh polisi di lapangan.

Dari operasi yang dilakukan sejak awa Ramadan, ternyata memang tingkat kejahatan me­nurun drastis, bahkan dalam cata­tan sampai hari ini (Jumat red) baru 1 kasus kejahatan yang dijum­pai yakni kehilangan laptop di kawasan Parkir. Itu juga karena kelalaian sopir sendiri yang lupa mengunci mobilnya saat parkir, beber Susmelawati Rosya.

Berdasarkan catatan di Polres Solok Kota, ada 2 Polsek yang sangat rawan kejahatan yakni wilayah hukum Polsek Singkarak dan Pol­sekta Kota Solok, namun saat ini Polres Solok Kota sudah mem back up ke2 Polsek itu dengan menambah tenaga sehingga kedepannya kondisi keamanan dan kenyamanan d­i­rasakan masyarakat. **

 

Laporan : ALFIAN

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]