Alfian: Gratis Urus Izin Kapal Wisata ke Angso Duo


Senin, 27 Juni 2016 - 05:33:34 WIB
Alfian: Gratis Urus Izin Kapal Wisata ke Angso Duo

PARIAMAN, HALUAN — Pe­merintah kota Pariaman me­ngi­ngatkan pemilik kapal wisata ke Pulau Angso Duo yang belum mengurus izin jasa usaha trans­portasi wisata, untuk segera me­ngu­rusnya.”Tidak sulit mengurus izin tersebut, dan tidak pula dipu­ngut biaya pengurusanya, semua gratis”, kata Kepala KP2 TPM Kota Pariaman Alfian kepada Haluan, Sabtu (25/6).

Kapal wisata ke Pulau di Pa­riaman, kurang lebih 30 kapal, yang dikeluarkan izin baru 16 kapal, sisanya masih belum.Proses pe­ngurusan izin jasa usaha tran­s­portasi wisata yang dikeluarkan Kantor KP2 TMP tidak sulit, dan tidak lama, asal persyaratanya terlapir ketika pe­ngu­rusanya.Syarat izin tersebut di­antaranya, per­mohonan, surat kete­rangan keca­kapan yang dike­luarkan per­hu­bungan laut. Dalam pemberian izin pastilahditinjau kelayakan atau ada sertifikat laut dan kesempurnaan kapal.

Baca Juga : 28 Formasi CPNS Sumbar Masih Kosong, Dokter Spesialis Terbanyak

Bagi kapal yang belum berizin tetapi tetap berlayar, resikonya tentu besar dan disini tentu berlaku sistem penertiban.

Sementara Kepala Dishub Kominfo Kota Pariaman, Yota Balad yang dihubungi terkait izin berlayar untuk kapal wisata ke pulau, memang harus punya setiap kapal. Dia mengatakan, kapal wisata SOP 30 unit kapal, yang sudah punya surat izin usaha 17 unit kapal, diantara kapal yang belum ada izin jasa usaha transportasi wisata, mereka sudah mengantongi pas biru dan kecil, Namun Yota Balad menghimbau agar mereka melengkapi izin untuk beroperasi, karena bagaimanapun kelengkapan dokumen tersebut penting dalam kegiatan usaha tersebut.

Baca Juga : Heboh Siswa Pakai Jilbab di Padang! Bundo Kanduang: Minang Tak Pernah Terjadi Konflik, Sudahi Pertikaian dan Jangan Diperuncing Lagi

Dan Yota Balad juga minta kepada pengelola angkutan kapal wisata ke pulau, dalam me­ngang­kut penumpang harus menyesuaikanya dengan aturan kapasitas kapal, karena hal tersebut penting untuk keselamatan, kenyamanan dan keamanan berlayar bagi penungpang kapal wisata. (h/tri).

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]