Tujuh Ranperda Bakal Dituntaskan Usai Libur Lebaran


Senin, 27 Juni 2016 - 05:47:47 WIB
Tujuh Ranperda Bakal Dituntaskan Usai Libur Lebaran Ilustrasi.

PADANG HALUAN—DPRD Kota Padang  bakal menuntaskan pembahasan tujuh rancangan peraturan daerah (ranperda) usai Lebaran Idul Fitri 1473 Hijriyah. Pasalnya,  padatnya agenda kedewanan saat ini.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Ba­pem­perda) DPRD Kota Padang, Faisal Nasir kemarin (24/6) mengatakan, dari tujuh ran­perda tersebut, tiga di antaranya merupakan ranperda usulan Pemko Padang  dan empat lainnya ranperda inisiatif de­wan.

Tiga ranperda usulan Pem­ko Padang, masing-masing adalah Ranperda Perubahan Perda nomor 23 tahun 2012 tentang Rumah Kos, Ranperda Perubahan Perda nomor 15 tahun 2011 tentang Izin Gang­guan dan Ranperda tentang Pohon Pelindung.

Sementara itu empat ran­perda inisiatif dewan adalah Ranperda tentang Pelayanan Publik, Ranperda tentang Kea­manan Pangan, Ranperda ten­tang Perlindungan Biota Laut dan Ranperda tentang Pa­riwisata. 

Keempat Ranperda itu su­dah memiliki Naskah Aka­demik (NA) sehingga  hanya perlu diparipurnakann sebelum dikaji lebih lanjut.

“Kami, akan ambil ke­putusan terhadap ranperda usulan Pemko Padang  terlebih dahulu dibanding ranperda insiatif DPRD Kota  Padang karena dinilai tidak melewati mekanisme yang rumit,” je­lasnya.

Dikatakannya pembahasan tiga Ranperda itu sempat ter­henti beberapa waktu lalu karena menunggu rekomendasi Gubernur Sumbar.

 Saat ini, prosesnya telah selesai dan tinggal pengambilan keputusan. Sedangkan,  untuk pembahasan empat ranperda inisiatif telah dijadwalkan sidang  paripurna penyampaian maupun tanggapan dari wa­likotanya.

Sementara itu  Wakil Ketua DPRD Kota  Padang  Asrizal mengatakan, dalam melahirkan suatu perda yang jadi prioritas ialah kualitas, bukan kuantitas.

Dengan demikian, perda yang dilahirkan benar-benar dapat terealisasi di masyarakat dan bukannya malah men­ciptakan aturan yang cacat hukum. (h/ade).

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]