Irman Gusman Sidak ke Pasar Raya Padang


Senin, 27 Juni 2016 - 05:54:16 WIB
Irman Gusman Sidak ke Pasar Raya Padang Ketua DPD RI, Irman Gusman

PADAG HALUAN – Mengantisipasi kelangkaan pangan yang menjadi fenomena tahunan menjelang Lebaran, Ketua DPD RI, Irman Gusman meninjau langsung persediaan dan harga pangan di Pasar Raya Padang, Minggu (26/6) kemarin. Dari Sidak ini, Irman mendapati harga dan persediaan pangan relatif stabil dan belum ada tanda-tanda kelangkaan pangan. Termasuk daging sapi dijamin aman dan tersedia untuk menghadapi lebaran nanti.

Pantauan Haluan, Irman Gusman sempat membeli bawang ke salah seorang pedagang. Setelah dicek, kualitas bawang yang dibeli masih bagus. Beberapa bahan pokok yang lain juga masih segar seperti tomat, kacang, daging dan sayur.

“Saya sempatkan membeli kebutuhan pokok di sini. Seka­ligus melihat bagaimana kualitas sayur dan bahan makanan yang lain apakah masih bagus atau tidak. Ternyata setelah dicek, semua yang saya beli masih ba­gus,” kata Irman Gusman kepada wartawan.

Ia juga mengatakan sampai saat ini semua persediaan pangan masih relatif stabil. Pada hari ke 22 bulan suci Ramadan ini, belum ada terlihat satupun bahan pokok yang langka. Baik itu, beras, sayur mayur, daging dan lainnya. Hanya saja, ia meminta agar masyarakat dan pedagang mengawasi para mafia pangan yang sering me­nimbun persediaan bahan pokok menjelang lebaran untuk memo­nopoli harga.

“Pemerintah, masyarakat dan pedagang harus mengawasi pe­nimbunan sembako dari para mafia. Mereka hanya ingin me­ngambil untung sendiri saja agar bisa memainkan harga pangan. Jika ada penemuan, segera mela­por ke Dinas Pasar Kota Padang dan pihak kepolisian,” katanya.

Sementara itu Walikota Pa­dang, Mahyeldi Ansharullah menjamin ketersediaan sembako menjelang dan selepas lebaran. Apabila ada kelangkaan salah satu sembako, maka diharapkan mas­yarakat melaporkannya ke dinas pasar agar ditanggulangi.

“Kami sudah mengantisipasi kelangkaan pangan jauh-jauh hari. Apabila ada satu saja sembako dan pangan yang langka di Pasar, harap lapor ke Pemko Padang agar ditindaklanjuti,” kata Walikota.

“Semua aman dan tidak perlu cemas dengan sembako. Jika langka, kami tinggal keluarkan persediaan dari gudang dan mendistribusikannya kepada pe­da­gang. Jika masih kurang, akan kami minta distributor untuk mendatangkan sembako dari daerah tetangga,” kata Mahyeldi.

Namun, Walikota meminta kepada masyarakat agar jeli dan sensitif terkait ketersediaan dan harga sembako. Jika ada kenaikan harga secara sepihak, jangan tung­gu lama-lama. Langsung melapor ke dinas pasar karena sudah ada petugas yang selalu stand by di sana mengawasi harga sembako.

“Saya sudah instruksikan ke­pa­da kepala dinas Pasar agar harga tetap stabil dan persediaan ter­jamin. Bagi masyarakat yang mendapati ada yang aneh perihal sembako ini, laporkan saja. Ka­rena sudah ada petugas yang bertugas mengawasi harga pangan. Jika tidak direspon dengan baik, pasti akan saya kenakan sanksi kepada petugas tersebut. Ter­masuk kepala Dinas Pasarnya,” tegas Mahyeldi.  (h/mg-ang)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]