Padang Pariaman Alokasikan Dana Nagari untuk Peningkatan Produksi Kakao


Senin, 27 Juni 2016 - 16:41:29 WIB
Padang Pariaman Alokasikan Dana Nagari untuk Peningkatan Produksi Kakao

PADANG PARIAMAN,HALUAN --    Angin segar kembali menyemangatkan petani kakao (coklat) di Padang Pariaman. Setelah adanya dana nagari untuk peningkatan produksi kakao, Bupati Padang Pariaman juga merencanakan akan membentuk sebuah perusahan daerah (Perusda) untuk menangani persoalan kakao.


    "Dengan adanya Perusda ini, akan dapat memberi semangat pada petani kakao," kata Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni baru baru ini pada Haluan, Senin (27/6).     Menurut Ali Mukhni, dengan cukup luasnya hamparan tanaman kakao di daerahnya, maka pananganan tanaman ini harus berlapis. Seperti teknis penanaman hingga produksi dapat dibimbing oleh Dinas Pertanian bersama penyuluh. Sementara itu, tentang pemasaran, nantinya dapat dibantu oleh Perusda ini.

Baca Juga : Alhamdulillah! Bayi Penderita Ekstrofi Bulli Bladder di Solok Dibantu Anggota DPR


    Dikatakan Ali Mukhni, di Padang Pariaman terdapat lsekitar 18 ribu hektare kebun kakao. Tanaman kakao ini telah mulai berproduksi sejak tahun 1997 lalu.  Salah satu faktor tingginya pertumbuhan ekonomi Padang Pariaman sangat disokong oleh keberadaan tanaman ini. "Karena komoditi kakao ini relatif memiliki harga yang tinggi dan bertahan," kata Ali Mukhni. (h/ded)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]