LSM Laporkan Walinagari Pangkalan ke Kejaksaan


Senin, 27 Juni 2016 - 17:21:50 WIB
LSM Laporkan Walinagari Pangkalan ke Kejaksaan

LIMAPULUH KOTA, HALUAN -- Salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota,  Forum Komunikasi Peduli Nagari (FKPN) melaporkan Walinagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan ke Kejaksaan Negeri Payakumbuh cabang Pangkalan pada pekan lalu.

 Dalam laporan nomor 03/fkpn/VI/16 tersebut, FKPN melaporkan adanya dugaan penyalahgunaan restribusi galian C oleh Walinagari Pangkalan. “Kejelasan anggaran yang diterima  oleh Walinagari Pangkalan dari restribusi calian C tidak ada. Kemana uang yang dipungut tersebut perginya. Karena itu, kami atas nama LSM melaporkan hal ini ke kejaksaan,”terang Afrizal Abbas Ketua Umum LSM FKPN beberapa waktu lalu.                                                                                                          

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah 5 Orang

Dijelaskannya, setiap tahun setidaknya Nagari Pangkalan menerima ratusan juta rupiah sebagai bentuk kompensasi dari perusahaan galian C yang beroperasi di Pangkalan. “Dari hitungan kita, satu perusahaan saja sudah menyerahkan lebih setengah miliar rupiah retribusi ke Nagari Pangkalan. Tetapi kemana pergi uang restribusi ini,”terang Afrizal

Setidaknya, ada 10 perusahaan galian C yang beroperasi di Nagari Pangkalan dan wajib dipungut restribusinya oleh walinagari berdasarkan Peraturan Nagari Pangkalan nomor 01 tahun 2010. “Berdasarkan Peraturan Nagari, kompensasi perusahaan ke nagari sebesar Rp 1000 per ton. Artinya satu ton batu yang ditambang perusahaan  wajib menyerahkan kompensasi sebesar Rp 1000 ke Nagari,” katanya lagi. Ke 10 perusahaan tersebut,  yakni PT ATC, PT Pebana Adi Sarana, PT Statika,  CV Restu Famili, CV Suza Mandiri, CV Agung Sigiran. Selanjutnya, CV Vernando Syahputra, CV Putra Pangkalan, CV Sinar Asia serta Restu Famili. (h/ddg)

Baca Juga : Kota Padang dan Tanah Datar Sumbang Pasien Positif Covid-19 Terbanyak di Sumbar

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]