Jelang Lebaran, Objek Wisata Belum Banyak Berubah


Selasa, 28 Juni 2016 - 04:56:41 WIB
Jelang Lebaran, Objek Wisata Belum Banyak Berubah

Arosuka, Haluan — Menyonsong libur panjang lebaran 2016 yang hanya tinggal dalam hitungan hari. Namun belum terlihat upaya pembenahan yang dilakukan terhadap sejumlah objek wisata guna menarik minat wisatawan untuk mengunjungi objek wisata yang ada.

Sampai hari ini, beberapa kawasan objek wisata yang saban waktu ramai di­kun­jungi wisatawan setiap libur lebaran antara lain, danau Singkarak, Danau Kembar, areal kebun teh serta kawasan Villa dan Conven­tions Hall Alahanpanjang, belum terli­hat kena sen­tuahan berarti.

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Alfajri mengatakan, fokus kawasan wisata pengunjung di lebaran tahun ini akan tetap pada semua destinasi wisata Ka­bupaten Solok. Hanya saja, agak difokuskan pada ka­wasan Danau Kembar, der­maga Danau Diatas dan pa­norama Danau Kembar. Na­mun, namun tetap belum banyak dirubah seperti pe­nambahan fasilitas berupa arena permainan anak-anak. “Lokasi tersebut masih tetap sama dengan tahun sebe­lumnya, belum banyak yang kita perbaiki,” kata Alfajri.

Alfajri menyebutkan mes­­ki belum ada pem­bena­han maksimal objek wisata di Kabupaten Solok. Namun setidaknya untuk menyambut pengunjung, pihaknya akan berupaya mengoptimalkan fasilitas toilet di kawasan Villa Alahanpanjang yang selama ini selalu menuai kritik pengunjung. “Minimal toiletnya bisa digunakan selama liburan nanti,” ka­tanya.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Begitu juga untuk ka­wasan Danau Singkarak, pihaknya mengaku akan me­ng­adakan pertemuan persi­apan menyambut lebaran dengan pihak Nagari Sing­karak.

Meski belum ada pembenahan kawasan kata­nya, namun tahun ini Pem­kab Solok bekerjasama de­ngan pegiat wisata Sumbar dan Kabupaten Solok akan mencoba melakukan peru­bahan yang signifikan. Mulai dari minat dan kenyamanan pengunjung. “ Pariwisata jadi prioritas ekonomi kerakyatan dalam Empat Pilar Pem­bangunan Kabupaten Solok,” katanya.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Salah seorang pegiat wi­sata Kabupaten Solok, Doni Mardan mengatakan, semua destinasi wisata Ka­bupaten Solok akan biasa-biasa saja dalam lebaran Tahun ini. Sebab, sampai hari ini belum ada persiapan untuk sebuah hal yang ber­hubungan dengan pariwisata. Dengan kata lain, sampai hari ini, Solok masih punya alam, namun belum punya wahana bermain untuk pengunjung. “Kita sebagai pelaku wisata tentu tidak bisa masuk terlalu jauh dalam hal pengelolaan wisata,” tutur putra Alahan Panjang itu.

Doni  mengungkapkan, pada H-2 jelang lebaran nanti, pegiat wisata akan melakukan perbersihan ka­wasan wisata dari tumpukan sampah dan mengupayakan untuk menempatkan bak-bak sampah untuk para pe­ngun­jug seputar danau kembar. Disamping itu, juga mem­berikan sosialisasi pada se­mua pedagang dan pelaku usaha di kawasan objek wi­sata. “Kita ingin pedagang di objek wisata ini jujur, tidak mematok harga terlalu ting­gi,” kata Doni.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Selain itu, para pegiat wisata serta merta juga me­mantau tempat parkir agar tidak terjadi pemalakkan liar yang menyebabkan pe­ngun­jung gusar. “Kita didukung Pemkab Solok, tapi kegiatan ini tanpa biaya. Ini murni inisiatif pegiat wisata untuk memberikan masukan sadar wisata pada setiap pedagang maupun pengunjung,” ka­tanya.

Terhadap itu, Ketua DP­RD Kabupaten Solok, Har­dinalis Kobal mengatakan, untuk menindak pelaku pe­malakkan parkir liar, Pemkab seharusnya mengoptimalkan penjagaan Satpol PP ter­masuk dalam penempatan petugas yang lebih difo­kuskan di area objek wisata yang ada.

“Persoalan yang selalu dikeluhkan masyarakat saat berlibur adalah parkir yang mencekik, ini yang harus cepat diantisipasi,” kata Kobal. (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]