Nagari Salayo Gelar Lomba Jorong Berprestasi


Selasa, 28 Juni 2016 - 04:57:30 WIB
Nagari Salayo Gelar Lomba Jorong Berprestasi ANGGOTA DPD RI H. Nofi Candra menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Raya Koto Baru, pada kunjungan Tim Safari Ramadan khusus ke daerah itu, Jumat (24/6). (YUTIS WANDI)

Arosuka, Haluan — Geliat untuk menciptakan lingkungan nagari yang ber­sih dan sehat di Nagari Salayo Tanang Bukit Sileh Kec. Lembang Jaya terus dila­kukan oleh pemerintah nagari setempat. Upaya itu seti­daknya tergambar dari sema­ngat nagari itu yang disa­lurkan melalui kegiatan lomba jorong berprestasi tingkat nagari tahun 2016 ini.

Hal ini diungkapkan oleh Walinagari Salayo, Tanang Bukit Sileh Dharmansyah, kala menerima kunjungan Tim Safari Ramadan khusus yang dipimpin Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin di Masjid Al Ikhsan setempat, Kamis (23/6) malam lalu. Selain dihadiri Wabup bersa­ma rombongan, pertemuan dengan jamaah tarwih mesjid Al Ikhsan itu juga dihadiri oleh anggota DPD RI H. Nofi Candra yang sebelumnya juga ikut buka puasa bersama dengan  puluhan anak yatim di daerah itu.

Walinagari Dharmasyah menyebutkan kegiatan lomba jorong berprestasi ini meru­pakan implementasi dari semangat untuk menciptakan daerah aliran sungai batang lembang yang membelah nagari itu agar tak tercemar oleh limbah rumah tangga. “Kita berada di hulu, kalau sungainya kotor, maka ma­sya­rakat yang berada di dae­rah hilir tentu tak bisa lagi memanfaatkan airnya,” kata Dharmansyah.

Namun yang menjadi kendala saat ini adalah mi­nim­nya fasilitas MCK yang memadai untuk masyarakat, makanya kebanyakan ma­syarakat di daerah itu masih mengandalkan sungai sebagai sarana MCK massal dan terpanjang di daerah itu. “ Kita ingin pemerintah ka­bupaten Solok melalui kantor KLH bisa mencarikan solu­sinya. Agar sungai ini betul-betul bersih termasuk dari limbah “buangan” warga,” bebernya.

Untuk memotivasi warga setempat, pemerintah nagari mengalokasikan dana sebesar Rp. 30 Juta untuk hadiah yang bersumber dari Dana Nagari / dana desa. Sebagai Tim penilai didatangkan dari petugas terkait dari tingkat kabupaten dan kecamatan. Sedangkan untuk materi penilaian terkait kebersihan jorong, keindahan, dan tata kelola administrasi jorong.

“ Selain itu, kita juga meng­gelar lomba jorong aman de­ngan hadiah total Rp.20 Ju­ta. Penilaiannya terkait jorong yang paling minim persoalan dan tingkat kejahatan di masya­rakat yang sampai ke tingkat yang ber­wajib,” bebernya.

Menangkap gagasan yang disampaikan oleh wali Nagari Silayo Tanang Bukit Sileh itu,   Wabup Yulfadri Nurdin  menegaskan Pemerintah ka­bupaten Solok akan terus mendorong program nagari yang ingin menciptakan ling­kungan bersih dan sehat. Termasuk menjaga keles­tarian aliran sungai yang mengalir hingga ke Danau Singkarak itu. “ Karena air dari nagari Salayo Tanang saat ini dimanfaatkan untuk kebutuhan harian masyarakat di beberapa nagari yang ada di bawahnya,” kata Wabup.

Mengantisipasi hal itu, pihaknya mendorong masya­rakat untuk membuatkan saluran jamban yang ditanam di tanah seperti Septic Tank. Kegiatan itu menurut wabup juga sejalan dengan program empat pilar pembangunan Kabupaten Solok yang terdiri dari Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi kerakyatan dan pemerintahan yang baik dan bersih.  (h/ndi)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]