Pemko Serahkan Insentif Guru TPA


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:00:16 WIB
Pemko Serahkan Insentif Guru TPA

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 450 guru TPA, 11 imam Masjid , 11 muadzin dan 75 orang gharim menerima insentif tri wulan yang dierahkan secara simbolis oleh Walikota Sawahlunto Ali Yusuf di Masjid Agung Nurul Islam Mudik Air, Sabtu (25/6) kemarin.

“Insentif ini diberikan sebagai bentuk dukungan pemerintah kota dalam pem­binaan keagamaan di kota ini, yang diserahkan secara periodik tiga bulan sekali,” kata Wako Ali Yusuf.

Baca Juga : Tahun Ini, 25 Nagari di Agam akan Menggelar Pemilihan Wali Nagari

Pemberian insentif tri wulan kedua ini, sebutnya, terasa sangat spesial karena bertepatan dengan bulan Ramadan, dimana dengan insentif tersebut para guru ngaji, imam, muadzin dan gharim dapat diper­gunakan untuk memenuhi kebutuhan puasa dan lebaran nantinya.

Disebutkan juga, pendidikan agama menjadi kebutuhan yang sangat mendasar ditengah era globalisasi seperti saat sekarang ini, tidak hanya di sekolah tapi pendidikan agama juga harus mampu diterapkan ditengah tengah keluarga dan masyarakat salah satunya melalui TPA, TPQ, musala dan masjid yang ada.

Baca Juga : Selasa Depan, 1.292 Tenaga Kesehatan di Agam Jalani Vaksinasi Covid-19

“Dukungan pemko untuk dalam bentuk insentif ini sebagai bentuk partisipasi terhadap keberlangsungan pendidikan agama tersebut, sekaligus sebagai stimulan bagi guru ngaji, imam, muadzin dan gharim dalam menjalankan tugasnya mensyiarkan agama Islam di kota ini,” sebut bapak tiga anak itu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masya­rakat (Kesra) Kota Sawahlunto, H. Zardinal Basyir kepada Haluan menyebutkan, insentif  yang diberikan ini memang belum terlalu besar. Akan tetapi diharapkan bisa menjadi motivasi bagi guru ngaji, imam, muadzin dan garimin untuk tetap semangat menjalankan tugas dan kewajibannya.

Baca Juga : Disdik Solsel Bahas Kelanjutan Sekolah Tatap Muka

Setidaknya sebut Zardinal, Rp645 juta diserahkan untuk pembayaran insentif guru TPA, imam, muadzin dan gharim pada periodik tri wulan kedua tahun ini dimana masing-masingnya untuk guru ngaji sebanyak 450 orang, dengan menerima Rp350 ribu per bulan, 11 imam dan 11 muadzin masing-masing Rp1 juta 250 ribu perbulan dan 756 orang masing-masing Rp400 ribu per bulannya.(h/mg-rki)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]