Nagari Kubang Gelar MTQ Antar Ninik Mamak dan Bundo Kanduang


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:08:53 WIB
Nagari Kubang Gelar MTQ Antar Ninik Mamak dan Bundo Kanduang Khafilah ninik mamak Kanagarian Kolok juara MTQ tingkat ninik mamak dan bundo kanduang 10 Nagari di Sawahlunto. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Ada yang berbeda dari pelaksanaan MTQ yang di gelar Kanagarian Kubang, Kecamatan Lembah Segar, Sawahlunto. Jika biasanya peserta MTQ adalah anak-anak, remaja dan lansia, kali ini yang menjadi pesertanya ada­lah ninik mamak dan bundo kanduang.

Bertempat di Masjid Bai­tunnur Kubang, ninik mamak dan bundo kanduang dari 10 nagari yang ada di Sawahlunto mengikuti MTQ yang di­pra­karsai oleh KAN Kubang dan LKAM Sawahlunto, Sabtu - Minggu (25-26/6).

Baca Juga : Dibanding Tahun Lalu, Produksi Jagung di Agam Tahun 2020 Menurun

“MTQ tingkat Nagari bagi ninik mamak dan bundo kan­duang itu pertama kalinya digelar di kota ini, bahkan mungkin juga yang pertama kali di Minangkabau atau Sumatera Barat,” kata Ketua Panitia, Basrial Bahar di dam­pingi Ketua KAN Kubang, Edrizon Effendi.

Kegiatan ini, sebutnya, selain ajang silaturahmi antar ninik amak dan bundo kan­duang 10 nagari yang ada juga sebagai upaya menguatkan peran ninik mamak dan bundo kanduang sebagai panutan dan teladan bagi anak keme­na­kannya. Kepada pemerintah daerah diharapkan agar ini menjadi agenda rutin setiap tahunnya untuk lebih men­syiarkan membaca alquran di lingkungan nagari.

Baca Juga : Alhamdulillah! Tahun 2020 Agam Surplus Beras 120.000 Ton

Ketua LKAM Sawahlunto, Adi Muaris Khatib Kayo me­nam­bahkan, MTQ tersebut terlaksana berkat ide pemi­kiran dari 10 ketua KAN yang ada yang dipelopori oleh Ketua KAN Kubang sebagai bentuk dukungan terhadap program magrib mengaji yang telah dicanangkan peme­rin­tah. Se­lain itu lanjutnya upaya me­ngembalikan adat kebiasaan masyarakat minangkabau yang sentiasa membaca Alquran di dalam kehidupan sehari hari­nya yang tercermin dalam adat basandi sara’ sara’ basandi kitabullah.

Sementara Sekretaris Da­erah Sawahlunto, Rovanly Abdams ketika membuka MTQ  tingkat ninik mamak dan bundo kanduang antar 10 nagari itu sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang terkait atas terlaksananya kegiatan ini dan hal tersebut akan menjadi motivasi bagi pemko untuk mendukung iven yang sangat berharga itu untuk terus dilaksanakan.

Baca Juga : Solsel Rawan Banjir, Angka Kebutuhan Drainase Belum Terukur

Keluar sebagai Juara khafilah nini mamak dan bundo kanduang Kanagarian Kolok. (h/mg-rki)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]