West Virginia AS

20 Orang Tewas Akibat Banjir


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:15:05 WIB
20 Orang Tewas Akibat Banjir KETINGGIAN banjir di West Virginia cukup tinggi.

WEST VIRGINIA, HALUAN — Negara bagian West Virginia, Amerika Serikat (AS) dilanda banjir yang me­maksa warga mengungsi hingga ke atap rumah. Sedikitnya 20 orang tewas akibat bencana banjir yang dipicu hujan deras seharian penuh ini.

“Dampak kerusakannya menyebar luar dan meng­han­curkan. Fokus kami tetap pada upaya pencarian dan pe­nyela­matan,” ujar Gubernur West Virginia Earl Ray Tomblin dalam konferensi pers, seperti dilansir AFP, Sabtu (25/6/2016).

Baca Juga : Wah! Joe Biden Tempatkan Batu Bulan di Ruang Oval Gedung Putih

“Saya berencana terbang sendiri mengelilingi area ter­dampak hari ini, tapi tidak bisa, karena seluruh pesawat digu­nakan untuk operasi penye­lamatan,” imbuhnya.

Disebutkan Gubernur Tom­blin dalam pernyataannya, korban tewas akibat banjir mencapai 14 orang. Namun Senator AS Shelley Moore Capito menuturkan kepa­da CNN, pada Jumat (24/6) ma­lam, bahwa korban tewas bertambah menjadi 20 orang dan diperkirakan masih bisa meningkat.

Baca Juga : Pemerintah AS akan Sidangkan Tiga Terduga Pelaku Bom Bali dan Hotel JW Marriot

“Saya mendengar masih ada orang-orang yang belum ditemukan,” ucapnya.

Salah satu korban tewas, menurut media lokal WSAZ, ialah seorang bocah laki-laki berusia 8 tahun yang hanyut tersapu arus banjir yang deras saat mencoba berjalan melintasi pinggir sungai bersama ibu dan saudara perempuannya. Jasad bocah itu ditemukan setelah dilakukan pencarian selama 3 jam.

Baca Juga : Ngeri! PM Inggris Sebut 'Mutan' Baru Corona Lebih Mematikan!

Sedikitnya enam distrik mengalami kerusakan menye­luruh dan sekitar 66 ribu warga hidup tanpa aliran listrik. Se­nator Capito menyatakan, dirinya terus berkomunikasi dengan Gedung Putih demi mendapatkan penetapan fede­ral untuk bantuan kemanusiaan di wilayah terdampak.

Sekitar 200 personel Garda Nasional disebar ke berbagai lokasi banjir untuk membantu petugas darurat lokal. Se­dikitnya 17 kamp pengungsian dibuka bagi warga yang ru­mahnya rusak maupun hancur akibat banjir.

Baca Juga : Usai Lengser, Trump Disebut Hidup dalam Ketakutan

ABC News melaporkan, sekitar 500 warga terpaksa mengungsi ke pusat per­belan­jaan setempat, setelah banjir menghanyutkan jembatan yang menghubungkan ke jalan uta­ma. Beberapa foto di me­dia sosial menunjukkan banjir setinggi dada orang dewasa di beberapa wila­yah.(h/dtc)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]