Kutukan Gagal Bawa Argentina Juara Berlanjut

Messi Putuskan Pensiun


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:26:38 WIB
Messi Putuskan Pensiun Messi kembali gagal membawa Argentina untuk meraih juara. Pada Copa Amerika tahun 2016 ini Argentina dikalahkan Chile dengan skor 2-4 melalui adu penalti.

East Rutherford, Haluan — Kutukan terhadap Messi kembali berlanjut bersama timnas Argentina. Tampil di final Copa Amerika, Messi gagal membawa Argentina juara setelah dikalahkan oleh Chile dengan skor 2-4 melalui adu tendangan penalti di Metlife Stadium, East Rutherford, New Jersey, Senin (27/6). Adu penalti terjadi setelah bertanding dalam 120 menit pertandingan berakhir 0-0. Messi pun memutuskan untuk pensiun dari timnas Argentina.

Messi bahkan sudah me­nangis sejak laga belum benar-benar usai. Dia se­seng­gukan saat menuju bangku ca­dangan usai gagal me­nuntaskan tugasnya sebagai algojo penalti.  Ada begitu banyak alasan kalau seusai pertandingan final, Messi tak kuasa menahan tan­gis­nya. Tentu saja kegagalan Argentina di Copa 2016 bukan semata-mata kega­galan Messi.

 Namun, mau tidak mau harus diakui bahwa pemain 29 tahun itu adalah “simbol” dari Albiceleste, yang menjadi harapan agar Argentina meng­­­akhiri puasa gelarnya sejak 1993. Bagi Messi, hasil negatif itu menjadi kegagalan ke­empat dengan tiga di antaranya terjadi secara beruntun di final turnamen mayor Copa America dan Piala Dunia (2007, 2014, 2015, 2016).

Copa America Cen­te­nario menjadi turnamen ter­akhir Lionel Messi untuk Argentina. Usai kalah di fi­nal, dia memutuskan mun­dur dari ‘Tim Tango’. “Buat saya, tim nasional selesai. Saya sudah mencoba yang saya bisa, menyakitkan tidak men­­­j­adi juara bersama Ar­gen­­tina. Saya tidak bisa me­raihnya,” ucap Messi usai pertandingan dikutip dari AS.

Messi memperkuat Tim­nas Senior Argentina sejak 2005. Dalam kurun tersebut dia sudah tampil 112 kali dalam seragam Albiceleste. Kontribusinya jelas tak bu­ruk karena dia sudah me­le­sak­kan 55 gol. Dengan jum­lah ter­sebut dia kini men­jadi pe­main tersubur sep­an­jang sejarah Timnas Argentina.

Tapi, Messi belum mem­berikan satupun trofi mayor untuk negaranya. Dia cuma bisa mengantar Argentina sampai final Piala Dunia 2014, final Copa America 2015, dan final Copa Ame­rica Centenario. Semuanya gagal dituntaskan menjadi juara.

Di 2005 Messi m­e­ngan­tar Argentina merengkuh trofi Piala Dunia Junior (U-20), sementara di 2008 dia memberi negaranya medali emas Olimpiade di Beijing. Meski disanjung setinggi lagit di klubnya, Barcelona, Messi justru dapat tekanan hebat di negaranya sendiri. Dia berulang kali dapat kritik karena tak kunjung memberi Argentina trofi, dan kerap dituding tampil tak semaksimal seperti di level klub. (h/san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]