Persija dan The Jak Akan Dihukum

Menpora Batal Hentikan ISC


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:32:11 WIB
Menpora Batal Hentikan ISC Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Jakarta, Haluan — Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memutuskan untuk tidak menyetop Indonesia Soccer Cham­pionship (ISC), menyusul kejadian kerusuhan yang melibatkan suporter dengan aparat keamanan di Jakarta hari Jumat (24/6) lalu pada laga Persija melawan Sriwijaya.

Imam menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak di kantornya, Senayan, Jakarta, Senin (27/6). Pertemuan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PT Gelora Trisula Semesta (GTS) Joko Driyono, Direktur Kompetisi dan Regulasi Ratu Tisha Destria.

Baca Juga : Piala FA, Siapa yang Unggul antara Manchester United dan Liverpool?

Selain mereka, juga ada Ketua Umum Persija, Ferry Paulus, Ketua Panpel Persija, Bobby Kusumahadi, dan Wakalpolres Jakarta Pusat AKBP Roma Hutajulu serta Verdianto Kepala Biro Operasi Kapolda Metro Jaya.

Menpora sempat merekomendasikan agar ISC dihentikan sementara. Dia menilai GTS belum menjalankan tugasnya untuk menjamin keamanan dan keberlangsungan ISC dengan baik.”Pertama, saya sempat meminta pendapat publik apakah ISC dilanjutkan atau tidak. Tapi banyak pro dan kontra, dan sebagian besar meminta ini dilanjutkan. Kalau ada yang salah, harus ditindak tegas. Tapi saya bersyukur kepolisian bertindak tegas dengan menidak pelaku-pelaku kerusuhan 24 Juni,” ujar Imam.

Baca Juga : Arsenal Disebut Berjudi Jika Merekrut Martin Odegaard

Namun demikian, Imam mengatakan bahwa ada beberapa syarat yang wajib dijalankan oleh GTS. Sang operator berkewajiban melakukan evaluasi di setiap pertandingan sisa ISC agar kejadian tersebut tak terulang kembali. “Jadi, kompetisi tetap dilanjutkan oleh PT GTS dengan syarat berkerjawaiban me­nge­valuasi perbaikan penyelenggaraan di pertandingan tersisa dalam penguatan standar keamanan kom­petisi,”ujarnya.

“Menyelesaikan dampak keributan baik yang terjadi di GBK maupun di Gresik dan di GBK sebelumnya. Lalu, menjamin bahwa kejadian serupa tak terulang kembali. Maka kami minta untuk evaluasi secara menyeluruh agar kejadian 24 Juni tak terulang lagi. Kemudian menyampaikan dokumen jaminan dan penyelesaian paling lambat 15 Juli,” katanya.

Baca Juga : 5 Pesepakbola Dunia Ini Ternyata Beragama Islam, Siapa Saja?

Menpora juga memberikan rekomendasi huku­man untuk Persija dan The Jakmania Rekomendasi hukuman dari Menpora itu pun akan segera ditindaklanjuti oleh PT GTS selaku operator dalam rapat Komisi Disiplin ISC yang akan diumumkan pada Selasa (28/6).

“Persija kami berikan rekomendasi hukuman enam pertandingan dan tanpa suporter. Sedangkan untuk The Jakmania tak boleh menghadiri sisa pertandingan ISC tersebut atau minimal tanpa atribut,” ucap Imam.

Baca Juga : Fans Barcelona Murka, Lionel Messi Tak Masuk Team of the Year FIFA 21

Sanksi terhadap Persija akan berlapis dan bukan hanya hukuman secara pertandingan saja. Persija bersama PT GTS juga harus membiayai korban dan mengganti kerugian material akibat kericuhan yang terjadi saat pertandingan.(h/san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]