Kantor Walinagari Juga Digasak

Maling Mengganas di Sungai Gayo


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:39:38 WIB
Maling Mengganas di Sungai Gayo Ilustrasi.

PAINAN,HALUAN — Masyarakat kenagarian Sungai Gayo Lumpo, kecamatan IV Jurai Pessel merasa resah,akibat aksi pencurian marak terjadi.Bahkan 2 unit Komputer dan 1  printer milik pemerintahan nagari juga digasal maling.

Informasi dari keterangan masyarakat di Tampat Keja­dian Peristiwa ( TKP) me­nyebutkan,peristiwa tersebut diketahui oleh perangkat nagari dan masyarakat sekitar jam 0700 wib, Jumat,  Aksi pencurian sebelumnya juga pernah terjadi menimpa kan­tor wali nagari, pelaku ber­hasil menyikat beberapa pera­latan kantor, kini aksi se­rupa kembali terjadi, di­se­nyalir pelaku  masuk melalui jendela pada saat masyarakat tengah melaksanakan syolat tarwih, akibat peristiwa tersebut keru­gian diper­kirakan  puluhan juta rupiah.

Menghadapi suasana lebaran nampaknya diman­fat­kan oleh oknum ma­sya­rakat untuk mencari ke­un­tungan. Tidak saja kantor Wa­linagari yang digerayangi, namun beberapa ma­syarakat mengakui sudah banyak ternak peliharaan yang hi­lang dibawa kabur oleh ok­num pelaku pencuri. Kini masyarakat merasa khuwatir bila masalah aksi maling ini tidak mendapat penangan serius. Diminta  pihak yang berwajib untuk mengusut para pelaku yang sudah me­re­sahkan tersebut.

Keluhan masyarakat cu­kup beralasan, harta benda berupa ternak peliharaan seperti sapi, ayam , itik, kambing dan sapi meru­pakan sumber pendapatan ekonomi, tanpa diduga disi­kat oleh pencuri, masalah ini jelas membawa kerugian terhadap masyarakat yang harus menjadi per­hatian pihak yang berwajib , kata salah seorang warga Sungai Gayo Novi (35)

Camat IV Jurai Ali Nasril membenarkan kejadian ter­sebut, dalam kunjungan ke sungai Gayo Lumpo me­ngajak masyarakat untuk te­tap meningkatkan kewas­padaan, terutama ketika me­ning­galkan rumah harus dalam kondisi betul-betul terkunci, guna terhindar dari aksi pencurian yang dapat membawa korban dan keru­gian harta benda.

Menurutnya, mening­kat­kan kewaspadaan meru­pakan salah satu upaya me­nye­lamatkan harta benda dari aksi pencurian yang marak terjadi diberbagai daerah. “Para pelaku akan mengunakan kesempatan dalam kondisi masyarakat lengah, terutama lupa me­ngun­ci pintu rumah, kantor, mobil, kendaran roda dua tanpa diduga bisa dibawa kabur oleh maling,” katanya.

Tidak saja barang me­wah, namun sepatu yang kon­disi baru saja bisa rahib di­bawa pencuri pelaku me­man­faat­kan kesempatan pa­da saat ma­syarakat tengah me­lak­sanakan syolat di masjid, musalla dan lainnya, hal ini dipicu ulah ma­sya­rakat yang abai dalam men­jaga barang miliknya, maka tak heran sering terjadi ke­hilangan yang membawa kerugian, kasus pencurian kantor wali nagari Sungai Gayo tersebut saat ini dalam penangan pihak yang ber­wajib Polsek IV Jurai Pessel. (h/ mjn) 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]