Baznasda Payakumbuh Salurkan Bantuan Rp 1,045 Miliar untuk Keluarga Miskin


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:41:06 WIB
Baznasda Payakumbuh Salurkan Bantuan Rp 1,045 Miliar untuk Keluarga Miskin PARA orang tua pelajar penerima bantuan biaya masuk sekolah dari Baznasda Payakumbuh, di aula MAN II Payakumbuh.

PAYAKUMBUH, HALUAN—Para orang tua dari keluarga tak mampu di Kota Payakumbuh, tidak perlu lagi cemas untuk me­nye­kolahkan anaknya ke tingkat yang lebih tinggi.  Mereka juga tak perlu ga­lau menghadapi Lebaran 1437 Hijriah mendatang. 

Pasalnya, Badan Amil Zakat Nasional Daerah  (Baz­nasda) Kota Payakumbuh telah menyediakan anggaran total Rp945 juta. Dana se­banyak itu dialokasikan untuk membantu biaya pendidikan dan meringankan beban KK miskin menghadapi lebaran nanti.

Baca Juga : 10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa

“Dana yang berasal dari zakat PNS di Pemko Pa­yakumbuh itu, telah dise­rahkan kepada 1.000 pelajar SD/MI/SMP/MTs/SMA/SM­K/MA yang berhak me­ne­rimanya sebagai bantuan pen­didikan dengan total Rp­545 juta,” kata Ketua Baz­nasda Mismardi, di Paya­kumbuh, Minggu (26/7). 

Penyerahan berlangsung di beberapa lokasi berbeda secara maraton, Rabu (22/6), seperti di sekolah dan di kantor kecamatan disaksikan camat, lurah dan pejabat kecamatan setempat.

Baca Juga : Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi

Bagi setiap anak yang akan masuk SD/MI diberikan bantuan Rp450.000. Anak yang me­lanjut­kan sekolah ke SMP/MTs dibantu Rp­550.­000. Selanjutnya, anak yang melanjutkan ke tingkat SMA/SMK/MA dibantu Rp600.000.

“Bantuan dimaksud, di­ha­rapkan banyak bermanfaat bagi para orang tua pelajar bersangkutan dalam me­nyekolahkan putera-puteri me­reka pada tahun ajaran 2016/2017 ini, ujar Mis­mardi.

Baca Juga : Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac

Di Kecamatan Payakum­buh Barat, biaya pendidikan itu diserah­kan Walikota Pa­yakumbuh diwakili Asisten I Setdako Yoherman bersa­ma pengurus Baznasda, di aula MAN II di Kelurahan Tan­jungga­dang Sungaipinago. Kemudian, berlanjut ke Ke­camatan Payakum­buh Timur, Kecamatan Payakum­buh Uta­­ra, Kecamatan Paya­kum­buh Selatan dan berakhir di Keca­matan Lamposi Tigo Nagori.

Sementara itu, dana ban­tuan buat  kebutuhan lebaran bagi KK miskin,  baru akan diserahkan pekan ini. Ban­tuan juga akan diantar ke kantor kecamatan oleh Wali­kota Riza Falepi bersama pengurus Baznasda. Mis­mardi mengaku, telah me­nyiapkan dana Rp500 juta untuk disalurkan kepada 1.000 KK ku­rang mampu dimaksud. 

Baca Juga : Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi

“Data KK penerimanya, dibe­rikan oleh pihak keca­matan atau kelurahan di Payakumbuh. Itu berarti setiap KK kebagian bantuan Rp500 ribu,” sebutnya.

Ditambahkannya, bulan Feb­ruari lalu, Baznasda Paya­kumbuh juga telah menyalurkan bantuan untuk 86 mahasiswa juga dari kelu­arga kurang mampu. Bantuan tersebut berjumlah Rp1 juta/maha­siswa. Gunanya untuk membantu biaya semester mahasiswa ber­sangkutan.

Baznasda juga berencana akan memberikan bantuan modal usaha kepada keluarga miskin di setiap kelurahan lama atau kelurahan sebelum penggabungan. Saat ini, pihak kelurahan tengah mendata KK miskin yang membuka usaha. Bantuan dialokasikan Rp5 juta untuk setiap kelurahan. Hitung-hitungan Baznasda, dengan jumlah 76 kelurahan lama, maka pihaknya akan menyalurkan bantuan modal usaha itu sebesar Rp380 juta. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 16:38:24 WIB

    10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa

    10 Pejabat di Pasaman Divaksin Perdana Jumat Lusa Pemerintah Kabupaten Pasaman menjadwalkan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk ribuan tenaga kesehatan di daerah itu dimulai pada Jumat (21/1/2021). Demikian dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan setempat, dr Rahadian Suryanta L.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 15:22:10 WIB

    Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi

    Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19, Bupati Tanah Datar Sampaikan Bahaya Pandemi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melalui Satgas Covid-19 serta instansi terkait, semenjak mulai merebaknya kasus terkonfirmasi positif pada Maret 2020 lalu, telah melakukan berbagai upaya pemutusan penyebarannya, namun sepert.
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 12:27:06 WIB

    Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac

    Termin ke Dua Tahap I, Sumbar Terima Lagi 29.880 Dosis Vaksin Sinovac Vaksin Sinovac termin ke dua tahap I diterima Dinas Kesehatan Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (26/1/2021). Vaksin yang diterima tersebut adalah tambahan dari termin pertama untuk diperuntukkan untuk 17 kabupaten dan kota..
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 11:28:02 WIB

    Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi

    Dinkes Padang Pariaman Terima Vaksin Covid-19 dari Dinkes Provinsi Dinas Kesehatan Padang Pariaman, menerima vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Vaksin Covid-19 tersebut, dikawal langsung kedatangannya oleh Satuan Brimob Polda Sumbar dan anggota Polres Padang Pariaman, Rabu .
  • Rabu, 27 Januari 2021 - 09:23:48 WIB

    RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor

    RSUD Tapan Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19 Pada Lintas Sektor RSUD Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan melakukan pertemuan lintas sektor dalam rangka sosialisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kegiatan itu dihadiri unsur Muspika Basa Ampek Balai Tapan, Direktur RSUD Tapan, Kasubag TU dan .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]