Pilkada Mentawai di Launching 11 Juli

Rekrutmen PPK PPS Terkendala Faktor Geografis


Selasa, 28 Juni 2016 - 05:59:22 WIB
Rekrutmen PPK PPS Terkendala Faktor Geografis Sejumlah komisioner dan anggota KPU Kabupaten Mentawai, tengah melakukan pemutakhiran data pemilih pada Pilgub Sumbar 2015 lalu. Menyongsong Pilkada Mentawai 2017, saat ini KPU setempat tengah melakukan proses rekrutmen PPK dan PPS, yang ditargetkan rampung pada 20 Juli 2016.

MENTAWAI, HALUAN — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai Laurensius, SH, menargetkan proses rekrutmen calon PPK dan PPS pada Pilkada Mentawai 2017, akan rampung pada 20 Juli 2016 mendatang.

“Melihat kondisi Mentawai yang merupakan kepulauan, kita sudah mempercepat membuka pengumuman untuk masyarakat yang berminat menjadi PPK dan PPS sejak 18 Juni lalu. Pengu­muman itu sudah kita sebar di setiap kecamatan dan kita publi­kasikan lewat radio,” kata Lauren kepada wartawan saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (27/6).

Baca Juga : Rehab Jaringan Irigasi Tersier Pariaman Dilakukan di 8 Titik

Lebih lanjut dikatakannya, sejauh ini baru ada tiga kecamatan yang sudah menyerahkan berkas diantaranya Kecamatan Sipora Utara 10 berkas lamaran, Sipora Selatan 1 berkas dan Kecamatan Siberut Barat 2 berkas.

Dia mengatakan, keterlam­batan tersebut disebabkan oleh kondisi geografis selain itu juga terkendala dengan anggaran yang sudah ditentukan oleh petunjuk teknis (Juknis) tim TAPD, yang mana anggaran yang sudah diten­tukan APBN sebesar Rp10 miliar. Sementara dana yang dibutuhkan berkisar Rp15 miliar.

Baca Juga : Petugas Laboratorium LH Pariaman Melaksanakan Training Operasional Maintenance AAS

“Untuk menyebarkan infor­ma­si ini, di setiap kecamatan kita su­dah berikan ke kapal antara pulau untuk diberikan kepada pihak kecamatan. Namun itu belum maksimal, karena menurut infor­masi ini tidak sampai kepada ma­syarakat banyak, melainkan ha­nya sebagian kecil saja,” ungkap­nya.

Selain perekrutan PPK dan PPS, sebagai tahapan yang harus dilakukan KPU yaitu membentuk TPS. Menurut Lauren, untuk memaksimalkan TPS yang mesti dibentuk di Mentawai, yakni berjumlah sebanyak 302. Namun karena bermasalah dengan ang­garan, pihaknya merencanakan untuk membatasi menjadi seba­nyak 228 tempat saja.

Baca Juga : Viral Siswi Non-Muslim di Padang Dipaksa Pakai Jilbab, Ini Kata Disdik Sumbar

“Kalau maksimalnya itu 302 TPS. Namun sekarang kita renca­nakan 228. Kita juga menunggu aspirasi dari masyarakat, jika ada yang meminta untuk dibangunkan TPS, yang melapor mesti jelas orangnya,” paparnya.

Selain itu, untuk launching tahapan Pilkada 2017 dikata­kannya akan dilaksanakan pada (11-12/7) 2016. Dimana sekarang belum dimulai pendaftaran calon dan tim suksesnya. Dikatakannya, para relawan dan tim sukses yang bermunculan belum terdaftar di KPU. Sebab sesuai dengan keten­tuannya, tim sukses baru bisa mendaftar jika kandidatnya sudah mendaftar.

Baca Juga : Perbaikan Jembatan di Jalan Padang-Bukittinggi, Masyarakat Diminta Ambil Jalan Alternatif

“Kita sudah rencanakan akan mengadakan launching tahapan Pilkada. Lokasinya di lapangan Dishubkominfo KM 0 Tuapejat. Disana kita akan mengundang parpol, unsur Forkopimda, tokoh masyarakat,” ucapnya. (h/mg-red)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]