Mahasiswa Unes Kenalkan Bertani Sambil Beternak


Selasa, 28 Juni 2016 - 06:01:22 WIB
Mahasiswa Unes Kenalkan Bertani Sambil Beternak

PADANG, HALUAN —Universitas Ekasakti Padang membekali mahasiswanya dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Nagari Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Untuk tahun ini mengangkat tema Penerapan Pertanian Terintegrasi untuk Mening­katkan Pendapatan Petani dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Pangan.

Dekan Fakultas Pertanian Unes AAI Ir I Ketut Bu­da­raga,MS mengatakan pro­gram utama yang akan dilak­sanakan di lapangan mem­per­kenalkan kepada  masya­rakat petani pentingnya pe­nera­pan pertanian te­rin­tegrasi dengan peternakan sapi.

“Penerapan pertanian terintegrasi akan bisa me­ning­katkan pendapatan ma­sya­rakat petani karena tidak tergantung lagi terhadap pembelian pupuk kimia dari luar. Kemudian limbah pe­ter­na­kan sapi bisa diolah men­jadi biogas sehingga digu­nakan memasak oleh petani sehingga tidak tergantung pada minyak tanah dan gas. Termasuk bisa mengurangi pemakaian kayu bakar yang bisa merusak hutan di ma­sya­rakat,” papar Ir I Ketut Bu­da­raga, MS.

Ia menambahkan, pro­gram pertanian terintegrasi dengan peternakan akan bisa mewujudkan konsep pem­bangunan yang ramah ling­kungan. Tahapan-tahapan program yang akan dilak­sanakan dimulai dari bagai­mana cara beternak sapi dengan baik termasuk dengan pemberian pakan yang ber­kualitas dengan penerapan konsep bioteknologi.

“Seperti pemberian ra­mu­an organik ternak (RO­TER), pengolahan limbah peternakan menjadi biogas dan pupuk organik dengan penambahan ramuan organik tanaman (ROTAN). Se­lanjut­nya memperkenalkan aplikasi pemakaian pupuk organik hasil limbah peternakan se­perti biogas kepada tanaman padi. Pada aplikasi akan diperkenalkan bagaimana mensosialisasikan penerapan SOP budidaya padi yang baik mulai dari cara pengolahan tanah, pembibitan, peme­liharaan (pencegahan hama dan penyakit) sampai kepada pasca panen. Adanya pro­gr­am utama ini yang akan disampaikan oleh mahasiswa kepada masyarakat dan di­harap­kan bisa memotivasi petani,” katanya.

Ketua LPPM Universitas Ekasakti Dr Ivone Ayesha, SP, MP meminta mahasiswa mengikuti kegiatan ini de­ngan baik. Kemudian mengi­kuti program utama yang sudah ditentukan sampai selesai, sehingga bisa menjadi duta-duta dari Universitas Ekasakti agar bisa dikenal oleh masyarakat.

“Inti dari program KKN-PPM ini adalah mahasiswa bisa memberdayakan masya­rakat, bisa menjadi motivator, fasilitator yang diberikan kepada masyarakat,” tegasnya.

Peserta yang mengikuti pembekalan berjumlah 30 orang terdiri dari ber­ma­cam-macam disiplin ilmu di ling­kungan Universitas Eka­sakti. (h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]