Kakankemenag Padang Japeri: ‘Berlebaranlah dengan Sederhana’


Selasa, 28 Juni 2016 - 06:10:55 WIB
Kakankemenag Padang Japeri: ‘Berlebaranlah dengan Sederhana’ Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Padang Drs.H. Japeri, MM

PADANG, HALUAN—Ja­ngan jadikan Hari Raya Idul Fitri sesuatu yang “mena­kutkan” karena tak mampu memenuhi kebutuhan untuk menyambutnya.

“Rayakanlah Idul Fitri seba­gai hari kemenangan dengan kesederhanaan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Padang Drs.H. Japeri, MM kepada Halu­an di kantornya, Senin (28/6).

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Dikatakannya kemeriahan Hari Raya Idul Fitri bukanlah dilihat dari baju baru, sepatu baru, kue lebaran yang ba­nyak dan sebagainya.

Tapi kebahagiaan meraya­kan hari kemenangn itu jus­teru terletak dari ibadah yang telah dilaksanakan selama ramadan, baik puasa maupun malam ramadan.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

“Jangan kita bangga de­ngan serba baru pada hari raya, tapi ibadah selama ramadan tak dilaksanakan sebagaimana yang digariskan Islam,” kata mantan Kabid Haji dan mantan Kakan­kemenag Kota Padang Pan­jang ini.

Keberhasilan seseorang dalam menunaikan ibadah ramadan akan kelihatan de­ngan semakin meningkatnya ibadah sampai akhir ramadan.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

Bukan sebaliknya masjid dan musala semakin lengang, karena orang disibukan de­ngan hal-hal untuk me­nyam­but hari raya. Disamping itu yang perlu diingat adalah kewajiban mem­bayar zakat fitrah sesuai wak­tunya, yakni paling lambat  sampai khatib hari raya naik mimbar.

Salah satu hikmah zakat fitrah tersebut adalah agar jangan ada kaum muslimin yang kelaparan saat orang berbuka dan bergembira di hari raya.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

“Jangan sampai ada sau­dara kita berlinangan air mata saat hari raya. Bahagiakanlah mere­ka, salah satunya dengan zakat fitrah. Bagi yang dile­bihkan hartanya oleh Allah sede­kah­kanlah untuk mereka yang kurang berun­tung ter­sebut,” ajak Japeri. 

Dia menghimbau pegawai di lingkungan Kankemenag Kota Padang untuk mem­beri­kan contoh dalam merayakan idul fitri dengan penuh kese­derhanaan.

Senin kemarin keluarga besar Kankemenag Padang melaksanakan buka bersama di aula kantor tersebut. Tam­pak hadir diantaranya para pejabat, kepala madrasah dan pengawas madrasah. (h/aye).

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]