Tes Calistung Dilarang, Tapi Kenyataannya Masih Banyak SD yang Melakukannya


Selasa, 28 Juni 2016 - 15:58:30 WIB
Tes Calistung Dilarang, Tapi Kenyataannya Masih Banyak SD yang Melakukannya

PADANG, HALUAN—Meskipun sudah ada Peraturan pemerintah No. 17 tahun 2010 pasal 69 dan pasal 70 yang menyatakan larangan untuk melakukan tes membaca, menulis, dan berhitung (Calistung) di SD, namun kenyataannya masih banyak SD yang melakukan hal tersebut karena yang diikat oleh aturan tersebut hanya sekolah negeri saja.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius, bahwa aturan yang ada memang hanya untuk sekolah negeri saja sedangkan sekolah swasta tidak terikat dengan aturan tersebut. Ia juga menyatakan, seluruh sekolah negeri yang ada di Padang tidak ada yang melaksanakan penerimaan siswa baru dengan menggunakan tes calistung dan berbagai tes yang lainnya. “Yang melaksanakan tes calistung ini kan hanya swasta saja, kalau negeri memang tidak ada. lagi pula sepengetahuan saya tes tersebut dilakukan guna mengetahui kemampuan siswa dan pemetaan terhadap metode mengajar yang akan dilaksanakan guru nantinya,” ungkapnya, Selasa (28/6).

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur Sumbar Pamitan dan Minta Maaf

Diketahui, Peraturan pemerintah No. 17 tahun 2010 pasal 69 dan pasal 70. Dalam PP tersebut diatur untuk masuk SD atau sederajat tidak didasarkan pada tes baca, tulis, hitung atau tes lainnya. Tidak ada alasan bagi penyelenggara pendidikan tingkat sekolah dasar (SD) atau sederajat untuk menggelar tes masuk bagi calon peserta didiknya. (h/rin)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]