Pergerakan Politik Mentawai Dinamis

Calon Perseorangan Harus Kantongi 5.424 KTP


Rabu, 29 Juni 2016 - 00:33:49 WIB
Calon Perseorangan Harus Kantongi 5.424 KTP Posko utama pemenangan Rijel - Binsar kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, yang disebut-sebut akan maju dari jalur perseorangan pada Pilkada mentawai 2017 mendatang. (MENTAWAI KITA)

MENTAWAI, HALUAN— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mentawai telah mentapkan syarat dukungan untuk pasangan calon (paslon) perseorangan yang akan maju pada Pilkada Mentawai 2017 mendatang. Sesuai jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan KPU Mentawai, calon perseorangan sedikitnya harus mengantongi sebanyak 5.424 dukungan KTP.

"Jumlah 10 persen itu harus tersebar di 10 kecamatan. Dan 10 persen itu harus tersebar minimal di lima dari 10 kecamatan yang ada,” kata Ketua KPU Mentawai, Laurensius Sarogdok didampingi Divisi Teknis KPU Mentawai, Bastian Sirirui kepada media beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Pemkab Pessel Wajibkan Aktivitas Galian C Kantongi Izin Operasi

Sesuai jadwal dan tahapan Pilkada yang telah ditetapkan, KPU Mentawai akan mulai membuka pendaftaran paslon pada 19-21 September 2016. Sementara khusus bagi paslon perorangan jelasnya, KPU juga telah menetapkan waktu penyampaian syarat dukungan ke KPU pada 13-15 Agustus.

"Jika ada data ganda kita akan kembalikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa, kemudian diverifikasi, lalu baru diumumkan kepada pemilih untuk calon independen ini,” kata Laurensius.

Baca Juga : Sejumlah Pejabat di Kabupaten Pesisir Selatan Batal Divaksin

Bergerak Dinamis

Jelang ditabuhnya genderang Pilkada Mentawai 2017, suhu politik di Bumi Sikerei mulai panas. Sejumlah nama balon yang sudah mulai mengapung dan digadang-gadang sebagai kandidat kuat calon Bupati dan Wakil Bupati Mentawai 2017-2022, juga sudah mulai bergerak dan menyiapkan barisan.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 158 Kasus, Didominasi dari Kota Padang

Selain duo petahana Bupati dan Wakil Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet dan Rijel Samaloisa, juga terdapat sejumlah nama putra terbaik Mentawai yang mulai ikut meramaikan bursa kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Mentawai periode 2017-2022 mendatang.

Sebut saja Dr. Juniator Tulius, Pijer Saleleubaja, Kortanius, Binsar, Josep, Juni. A, Nikanor dan sejumlah nama lainnya. Bahkan beberapa waktu belakangan, juga mulai tersiar kabar jika mantan Bupati Mentawai dua periode Edison Saleleubaja, juga akan ikut berlaga di Pilkada Mentawai yang diperkirakan akan digelar Februari 2017 nanti.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah 7 Orang

“Saya sangat apresiasi harapan masyarakat yang mendukung saya maju di Pilkada Mentawai. Jika memang Tuhan berkehendak, saya siap bertarung di Pilkada Mentawai 2017,” kata Juniator kepada Haluan tadi malam.

Senada dengan Juniator, Pijer Saleleubaja juga menyatakan kesiapannya untuk ikut ambil bagian pada Pilkada Mentawai mendatang. Mantan anggota DPRD Mentawai yang juga politisi senior PDIP ini, bahkan telah siap dengan visi misi yang dituangkan dalam jargon politiknya bertajuk “8 Mantera Mentawai”.

Tokoh masyarakat Mentawai, Rudolf Harapan menilai, jika dinamika politik di Mentawai jelang Pilkada 2017, sejauh ini bergerak sangat dinamis. “Para relawan sudah mulai bermunculan, posko-posko pemenangan juga sudah didirikan. Walaupun berbeda-beda warna dan jagoan, kita berharap Mentawai akan tetap aman dan selalu dalam semangat persatuan,” kata Rudolf. (h/yan)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]