1.126 Kendaraan Lebaran Disiapkan


Rabu, 29 Juni 2016 - 05:22:35 WIB
1.126 Kendaraan Lebaran Disiapkan Ilustrasi.

AGAM, HALUAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam menyiapkan lebih kurang sebanyak 1.126 unit armada angkutan Lebaran 1437 Hijriah. Kedaraan yang dioperasikan tersebut dipastikan berada dalam kondisi baik.

Kepala Dinas Perhu­bu­ngan Komunikasi dan Infor­matika (Dishub Kominfo) Agam, Maryanis mewakili Bupati Agam, dalam kegiatan cek fisik dan mencanangkan di Terminal Antokan, Keca­matan Lubuk Basung, Selasa (28/6) mengatakan, angkutan Lebaran sudah dipersiapkan sebaik mungkin.

Baca Juga : RSUD Lubuk Basung Siapkan 10 Tenaga Medis Penyelenggara Vaksinasi Covid-19

Ia menjelaskan, dari seri seratusan angkutan Lebaran yang disediakan, terdiri dari se­banyak 80 unit Angkutan Ko­ta Antar Provinsi (AK­AP), sebanyak 217 unit Ang­ku­tan Kota Dalam Provinsi (AK­DP), kemudian 13 unit Ang­kutan Jemput Dalam Pro­vinsi (AJDP) dan lebih ku­rang 816 angkutan kota/desa.

Dikatakannya, peme­rin­tah senantiasa berusaha mem­berikan kenyamanan dan ketertiban keselamatan bagi pengguna jalan dan ungkutan. Oleh sebab itu, armada yang disediakan be­nar-benar sudah memenuhi kriteria yang ditentukan.

Baca Juga : Akhir Minggu, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Agam Semakin Diminati

Ia menjelaskan, jumlah armada tersebut sudah ideal untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat saat Lebaran. Pemerintah be­rupaya memberikan jaminan ketersedian laya­nan ang­kutan umum.

Menurutnya, kesiapan armada sangat memberikan pengaruh terhadap kenya­manan pemudik maupun masyarakat yang meng­gu­nakan transportasi umum saat mengunjungi keluarga. “Pe­merintah sudah berusaha mempersiapkan sebaik mung­kin kebutuhan ma­sya­rakat, meliputi keamanan, kelancaran transportasi, ke­bu­tuhan armada dan lain sebagainya,” jelas Masryanis.

Baca Juga : Pohon Tumbang di Tiku, BPBD Agam Lakukan Pembersihan

Menurut Maryanis,  pen­ca­­nangan angkuatan Lebaran bertujuan untuk memastikan ketersediaan kendaraan umum yang layak beroperasi, kemudian kesiapan personil dan penempatan peralatan pendukung guna memu­dah­kan pengaturan pengendalian angkutan Lebaran.

Dalam kesempatan itu, ia meminta para sopir untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menjalankan ken­daraan selama mu­sim Le­baran. Taati setiap rambu yang sudah dipasang,  dengan hal itu potensi kecelakaan bisa dihindari.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Lubuk Basung Tembus Rp80 Ribu Perkilogram

Dikatakannya, pelang­garan terhadap rambu akan membuka peluang kepada terjadinya hal yang tidak dinginkan. Jangan paksakan diri mejalankan kendaraan apabila merasa ngantuk, lebih baik beristirahat. Dia juga berharap kepada sopir mau­pun pengendara lain untuk tidak membawa kendaraan secara ugal-ugalan, utamakan keselamatan orang banyak. (h/yat)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]