Jalan Ekowisata Penangkaran Penyu Mulai Diperbaiki


Rabu, 29 Juni 2016 - 05:25:14 WIB
Jalan Ekowisata Penangkaran Penyu Mulai Diperbaiki LOKASI penangkaran penyu Kota Pariaman.

PARIAMAN, HALUAN — Jalan rabat beton dari sisi jembatan Mangguang me­nuju objek ekowisata pe­nangkaran penyu Kota Paria­man, yang amblas sejak dua bulan yang lalu, sejak se­minggu ini mulai diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum melalui bidang PSDA.

“Pekerjaan perbaikan jalan rabat beton ke pe­nangkaran penyu yang rusak, memang sekarang ini sedang dalam pekerjaan perbaikan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, As­rizal kepada Haluan, Senin (27/6).

Baca Juga : Percantik Ibu Kota, DLH Agam Sediakan Ribuan Bibit Tanaman Hias dan Pohon Pelindung

Rabat beton tersebut am­blas karena digerus air dari talao ke Batang Mangguang dan yang rusak tersebut persis diatas duker yang melintas di jalan tersebut.

“Sudah hampir dua bulan memang, kerusakan itu ter­jadi, namun baru sekarang baru bisa diperbaiki,” tambah Asrizal.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Sifat pekerjaan yang dila­kukan sekarang itu, hanya sementara, karena nanti pada perubahan diusulkan dana untuk perbaikan secara per­manen.

“Yang penting kini, pada saat lebaran kondisi jalan tersebut bisa dimanfaatkan pengunjung yang hendak berwisata ke penangkaran penyu,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Paria­man tersebut.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Pantauan Haluan di lo­kasi pekerjaan, Senin siang, pekerja tampak sedang me­masang riprap atau batu susun untuk penguatan dasar sungai agar tidak terkikis gerusan arus air pada dasar pintu air duker yang sudah retak yang membentang di dasar duker.

Sementara sayap duker yang telah berlubang hampir dua meter, diisi dengan ka­rung berisi pasir secara ter­susun.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Dan rabat beton yang mulai amblas, tampak tertim­bun tanah gunung yang digu­nakan sebagai material per­baikan rabat yang amblas. Permukaanya rabat beton yang mulai amblas itu tampak sama datar.

Pekerjaan yang diker­jakan tersebut masih belum selesai, tapi diperkirakan pada lebaran nanti sudah bisa dilewati mobil untuk ber­wisata ke penangkaran penyu atau meninkmati keindahan alam pantai muaro Batang Mangguang di kala sore, karena bisa melihat sunset dengan jelas dari sini. (h/tri)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]