Jelang Pesta Pantai Pariaman

Jalur Wisata Angso Duo Mulai Dibenahi


Rabu, 29 Juni 2016 - 05:26:20 WIB
Jalur Wisata Angso Duo Mulai Dibenahi Salah satu pulau kecil yang ada di Kota Pariaman yang berjarak paling dekat dengan bibir pantai Kota Pariaman. Pulau ini menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kota Pariaman.

PARIAMAN, HALUAN — Pelebaran jalur wisata ke pulau di Kota Pariaman, kini hanya ada ke Pulau Angso Duo. Pasalnya, dari hasil rapat yang dilakukan oleh pemko beberapa waktu lalu, didapati hanya satu lokasi ini saja yang diperbolehkan saat ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Efendi Jamal kepada Haluan mengatakan, wisata ke pulau Angso, juga terkait mendu­kung suksesnya pelaksanaan pesta pantai di Pariaman pada lebaran nanti. Pesta Pantai itu mulai tanggal 7 dan akan berakhir tanggal 17 Juli.

Pembangunan sarana dan prasarana terkait kegiatan memeriahkan lebaran dengan pagelaran pesta pantai di Gan­doriah itu, tidak ada.

Kadis Pariwisata didam­pingi Sekretaris Jafreki lebih lanjut mengatakan, untuk per­baikan sarana fisik menjelang lebaran ini di Pulau Angso Duo, tidak ada, karena per­baikan itu sudah dilakukan pada saat sebelum-sebelumnya.

Yang ada sekarang itu ada­lah, pembenahan tentang K3 bagi wisatawan yang berwisata ke pulau angso. Wisatawan harus mematuhi aturan-aturan yang ada, sehingga menikmati keindahan alam pantai dan keindahan pulau angso me­mang mengena di hati pe­ngunjung.

Wisatawan pada kegiatan pesta pantai, kalau ingin ber­wisata ke pulau, hanya ada 1 titik menaikan penumpang dan menurnkan penumpang ke pulau yaitu di sandaran der­maga Muaro Pariaman.

Begitupun dengan penju­alan tiket wisata ke pulau, hanya ada 1 pintu, yaitu juga di muaro dekat terminal kapal naik turun penumpang ke pulau.

Selain itu petugas yang bertugas untuk kegiatan ter­sebut diharuskan membuat daftar manifest penumpang kapal wisata.

Menurut dia, penanganan infrastruktur di Pulau Angso duo itu ada pada Dinas Ke­lautan Perikanan (DKP) Kota Pariaman. Dan ketika dihu­bungi Kepala Dinas terkait, Dasril menjelaskan, untuk pembenahan infrastruktur di pulau sekarang tidak ada.

Terkait kondisi rumah yang ditimpa pohon kelapa di pulau angso yang sudah terjadi sejak lama, sampai kini belum diper­b­aiki, Dasril menjelaskan, akan dibenahi pada perubahan men­datang. (h/tri/hel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]