Jelang Lebaran

Penjualan Bahan-bahan Kue Masih Sepi


Rabu, 29 Juni 2016 - 05:50:18 WIB
Penjualan Bahan-bahan Kue Masih Sepi Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Meski Lebaran tinggal seminggu lagi, namun penjualan bahan-bahan kue masih sepi. Menurut pedagang, hal itu terjadi karena kini sudah akhir bulan dan Lebaran bertepatan dengan tahun ajaran baru sekolah. 

Hal itu dikatakan Sulastri (50), pedagang bahan kue di pasar tersebut, saat Haluan memantau harga bahan kue di sana, Selasa (28/6).

“Sampai saat ini belum banyak konsumen yang membeli bahan untuk membuat kue Lebaran. Padahal, harga bahan-bahan belum naik siginifikan, seperti harga tepung terigu Rp6.500 per kg, mentega kiloan Rp16.000 per kg, gula Rp16.000 per kg, dan kacang tanpa kulit Rp 32.000 per kg.

Hal senada dikatakan Pen (50), pedagang bahan kue lainnya di Pasar Siteba. “Penjualan masih sepi karena akhir bulan dan Lebaran tahun ini bentrok dengan masuknya tahun ajaran baru,” tuturnya.

Ia berpendapat, saat ini orang mungkin lebih mementingkan membeli perlengkapan sekolah daripada membuat kue untuk persiapan Lebaran.

Dampak dari sepinya penjualan tersebut, pedagang kue meraih omzet yang rendah. Pada Ramadan kali ini sampai Selasa (28/6), omzet­nya baru Rp6 juta sehari. Pada Ramadan-Ramadan sebelum­nya, omzetnya lebih dari Rp6 juta sehari. (h/mg-rma)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]