Gaji ke-13 Pensiun Dibayar Mulai 2 Juli


Rabu, 29 Juni 2016 - 05:50:45 WIB
Gaji ke-13 Pensiun Dibayar Mulai 2 Juli

PADANG, HALUAN — Gaji ke-13 untuk para pen­siunan PNS, TNI, dan Polri peserta Taspen dibayarkan pada 2, 3, dan 4 Juli. Pe­ngaturan hari pembayaran ini un­tuk menghindari mem­­blu­daknya para pen­siunan di bank-bank kantor bayar Tas­pen.

“Gaji ke-13 pensiun diba­yarkan mulai 2 hingga 4 Juli. Bagi pensiunan yang belum mengambil, bisa juga setelah Lebaran,” ujar Kepala Ca­bang PT Taspen Padang, Jhon Irwan, kemarin.

Baca Juga : Dongkrak Ekonomi, Athari Promosikan UMKM dan Industri Kreatif

Ia mengingatkan para pensiunan agar tak khawatir terlambat atau tidak bakal bisa mengambil gaji pensiun ke-13 sebelum Lebaran. Men­­­teri Keuangan melalui Dir­jen Perbendaharaan telah mengeluarkan surat edaran yang mengatakan bahwa pada Sabtu, Minggu, dan Senin, bank-bank dan kantor Pos mitra bayar Taspen tetap buka untuk melayani pem­bayaran gaji ke-13.

Taspen Cabang Padang, kata Jhon Irwan, mem­bayar­kan gaji ke-13 untuk pen­siunan sekitar Rp100 miliar kepada 43.102 pensiunan peserta. Pembayaran gaji ke-13 dilakukan di 96 titik kantor bayar Taspen.

Baca Juga : Cabai Rawit Langka di Pasar Raya Padang, Harga Mencapai Rp80 Ribu Per Kilogram

“Ada 96 titik bayar kita seperti bank BRI, Taspen, Pos dan bank lainnya. Bank dan kantor Pos ini kan punya kantor-kantor cabang, unit atau kantor kas yang juga tersebar di seluruh keca­matan, bahkan sampai di kelurahan. Makanya jumlah titik bayar itu hampir 100 lokasi,” tutur Irwan.

Ia menerangkan, perbe­daan gaji ke-13 untuk pen­siunan dengan PNS aktif, para pensiunan hanya mene­rima gaji ke-13, sementara PNS aktif menerima gaji ke-13 dan ke-14. Namun demi­kian, bersamaan dengan gaji ke-13 itu juga dibayarkan pensiunan bulanan, yaitu pensiun bulan Juli.

Baca Juga : Gila, Harga Cabai Rawit di Pasar Nanggalo Padang Tembus Rp70.000 Per Kg

“Jadi, hitunganya 2 bulan gaji juga. Pensiunan mene­rima pada awal Juli sebelum Lebaran. Khusus untuk gaji ke-13 dibayarkan sesuai jum­lahnya dan tak boleh dipo­tong. Jika ada pensiunan yang dipotong cicilan pinjaman, cukup pensiunan bulanan saja, sedangkan untuk gaji ke-13 tak boleh dipotong sama sekali,” katanya menjelaskan.

Seperti diberitakan sebe­lum­nya, sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang diteken pada 20 Juni, yakni PMK Nomor  96/PMK.­05/2016, PMK No­mor  97/PMK.05/2016, PMK Nomor  98/PMK.05/2016, dan PMK Nomor 99/PMK.05/2016, gaji ke-13 dibayarkan sebesar peng­hasilan bulanan, yang me­liputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunja­ngan umum, dan tunjangan kinerja. Se­men­tara untuk THR, hanya di­ba­yarkan sebesar gaji pokok dari masing-masing pegawai. (h/rel)

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini 20 Januari 2021: Global dan Antam Naik Lagi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]