Islandia Kejutkan Dunia


Rabu, 29 Juni 2016 - 05:52:32 WIB
Islandia Kejutkan Dunia SEJUMLAH pemain Islandia melakukan selebrasi.

Nice, Haluan — Islandia tam­pil luar biasa saat menghadapi Inggris di babak 16 besar. Tim asuhan Lars Lagerback itu me­nang dengan skor 2-1 di Stade de Nice, Selasa (28/6), dan lolos ke perempatfinal me­nantang Prancis. Pertama kali ikut serta dalam turnamen besar, Islandia di luar dugaan mampu menembus pe­rempatfinal. Islandia sudah suk­ses mengejutkan dunia.

Inggris sebenarnya unggul lewat gol cepat Wayne Rooney dari titik putih.Namun, Islandia dengan cepat menyamakan skor lewat Ragnar Sigurdsson sebelum berbalik unggul lewat gol Kol­beinn Sigthorsson.

Baca Juga : Ini 5 Pesepakbola Dunia yang Kecanduan Kencani Perempuan, Ada yang Sampai 700 Orang?

Situs resmi UEFA mencatat Inggris sebenarnya tampil do­minan dengan 17 attempts, lima di anta­ranya mengarah ke sasaran. Semen­tara Islandia punya lima on target dari total delapan attempts. Inggris pun unggul ball possesion dengan 63 persen.

Bek Islandia Ragnar Si­gurds­son menyebut salah satu faktor keber­hasilan timnya menang atas Inggris adalah karena lawan men­duga laga itu akan berjalan mudah. “Pada dasarnya Inggris menduga laga ini akan mereka lewati dengan gam­pang. Tetapi kami memiliki keya­kinan pada kemampuan ka­mi,” kata Sigurdsson seperti dikutip Soccer­way.

Baca Juga : Frank Lampard Dipecat, Jose Mourinho: Ini Kebrutalan dalam Sepak Bola

Kiper Islandia Hannes Hall­dors­son mengakui belum cukup banyak laga besar yang dijalani timnya. Tapi dia merasa kini mulai terbiasa dengan duel-duel penuh tekanan dan bergembira karena sejauh ini hasilnya cen­derung positif.

“Sejak kami mulai bermain bersama empat tahun lalu, ini mungkin laga ke-15 yang dilabeli ‘pertandingan terbesar dalam seja­rah sepakbola Islandia’. Jadi kami sudah mulai cukup terbiasa untuk memainkan pertandingan yang punya ketegangan tinggi, tekanan besar, dan kami cenderung me­nanganinya dengan baik,” ujar Halldorsson di situs resmi UEFA.

Baca Juga : Duh, Utang Barcelona Capai Rp20 Triliun

Kekalahan Inggris dari Islan­dia tak hanya menghentikan langkah mereka di Piala Eropa 2016. Tapi juga memperpanjang rekor buruk per­temuan ‘Tim Tiga Singa’ dengan Lars Lagerback. Pasalnya, Lager­back tak terka­lahkan dari enam pertemuan sebelumnya dengan Inggris ketika masih menjadi pela­tih timnas Swedia periode 1998 hingga 2006. Rinciannya adalah dua keme­nangan dan empat seri.

Roy Hodgson mengumumkan mundur sebagai pelatih timnas Inggris. Menyusul kegagalan Inggris di Piala Eropa 2016 setelah di­singkirkan Islandia. Dalam per­nyataan yang dilansir dari The Guar­dian, Hodgson juga mengumumkan bahwa staf pelatih Ray Lewington dan Gary Neville juga pergi.

Baca Juga : Lima Wakil Indonesia Lolos ke BWF World Tour Finals

“Saya amat sangat kecewa dengan hasil malam ini dan terutama kega­galan kami di kompetisi ini. Kami tidak maju sejauh yang saya ha­rapkan dan ini jelas tidak dapat diterima,” kata Hodgson.(h/san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]