Tuntas Sudah Dendam Italia


Rabu, 29 Juni 2016 - 05:53:12 WIB
Tuntas Sudah Dendam Italia Pemain Italia Chiellini melakukan selebrasi usai menjebol gawang Spanyol.

Saint-Denis, Haluan  — Italia melangkah meyakinkan ke perempatfinal Piala Eropa 2016. Gli Azzurri menaklukkan juara dua edisi terakhir, Spanyol, dengan skor 2-0 di Stade de France, Senin (27/6. Kemenangan ini menuntaskan dendam Italia yang selalu kalah dalam beberapa pertemuan terakhir.

Hasil ini membuat Italia melangkah ke perempatfinal. Mereka selanjutnya akan meng­hadapi juara dunia, Jerman, di Nouveau Stade de Bordeaux, Minggu (3/7).

Baca Juga : Hasil Toyota Thailand Open 2021: Hafiz/Gloria Lanjut, Fajar/Rian Terhenti di Babak Pertama

Italia tampil lebih me­ngan­cam sejak babak pertama. Se­men­tara Spanyol kerepotan me­nembus pertahanan sang lawan sepanjang paruh pertama.Italia secara keseluruhan laga men­catatkan penguasaan bola lebih kecil, yakni 42% namun punya peluang lebih banyak. Tujuh dari 11 percobaan mereka mengarah ke gawang. Sedang Spanyol punya lima percobaan tepat sasaran dari 13 upaya.

Dari tendangan bebas di menit ke-33, Italia memetik keunggulan. Bola muntah hasil sepakan Eder berakhir di kaki Giorgio Chiellini, yang me­nuntaskannya ke dalam gawang Spanyol.  Ketertinggalan mem­buat Spanyol semakin gencar me­nekan di babak kedua. Sementara terus menemui kebuntuan, me­reka malah kembali kebobolan di masa injury time oleh Graziano Pelle dalam sebuah serangan balik. Gol itu kian memastikan kemenangan Italia.

Baca Juga : Tragis, AS Roma Ditendang Spezia dari 16 Besar Coppa Italia

“Kami punya sejumlah hal untuk dibuktikan dan untuk balas dendam. Kami layak men­dapatkannya dan sesungguhnya membuat laga terlalu men­ce­maskan di 15 menit terakhir, karena kami seharusnya bisa menuntaskannya jauh lebih cepat,” ujar Chiellini kepada Rai Sport

Di perempatfinal, Italia akan berhadapan dengan Jerman. Di pertemuan terakhir pada laga persahabatan lalu, Italia kalah 1-4. Chiellini mengakui laga kontra Die Mannschaft akan menuntut penampilan lebih baik lagi.

Baca Juga : Mario Mandzukic Resmi Berseragam AC Milan

“Kami sama-sama tim bagus. Wajarnya Jerman memulai seba­gai favorit, mereka memberikan kami tendangan telak di Maret lalu. Jadi kami perlu melakukan sesuatu yang benar-benar luar biasa, lebih dari hari ini, di Bordeaux nanti,” tandasnya.

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque mengatakan timnya sudah mengusahakan segalanya saat kalah dari Italia. Ia menyebut itu memang harinya Italia. “Kami harus menerima hasilnya dan terus menatap ke depan,” kata Del Bosque seperti dilansir Football Italia.

Baca Juga : RFEF Hukum Messi Larangan Turun pada Dua Pertandingan

Italia terlalu kuat dan ber­main dengan mengandalkan fisiknya. “Mereka tahu benar apa yang harus mereka lakukan dan terus melakukan proyek mereka itu dengan kekuatan besar. Kami terlalu kikuk di babak pertama, tapi setelah turun minum kami maju ke depan dan berusaha sekuat tenaga sampai akhir,”tu­turnya.

“Kekalahan seperti ini tentu saja terasa menyakitkan. Selama delapan tahun terakhir kami sudah sedemikian tangguh, ini harinya Italia. Kami sudah ber­usaha memainkan bola udara, segala macam strategi, semuanya tanpa hasil,” sebutnya.(h/san)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]