Pramuka Sawahlunto Turun ke Pasar


Rabu, 29 Juni 2016 - 06:03:24 WIB
Pramuka Sawahlunto Turun ke Pasar Anggota Pramuka Sawahlunto tanpa ragu membantu pengunjung pasar untuk membawa barang belanjaan dalam baksos BABR XIII, Selasa (28/6). (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kwartir Ca­bang Gerakan Pramuka Kota Sa­wah­lun­to menggelar bakti sosial di keramaian pa­sar di empat kecamatan yang ada. Diikuti se­banyak 30 anggota Pramuka, mereka tu­run tangan membantu para pengunjung pa­sar dengan membawa barang bawaan­nya.

“Baksos itu merupakan rangkaian kegaiatan bulan Amal Bakti Ramadan (BABR) XIII yang dilaksanakan oleh Pramuka yang terlatih dalam Satuan Tugas Pramuka Peduli dan utusan Gugus Depan (Gudep) di kota ini,” kata Wakil Ka Kwarcab Pramuka Sawahlunto Tumpar AR kepada Haluan, Selasa (28/6).

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

Untuk jadwal katanya, disesuaikan dengan hari pasar di masing-masing pasar tersebut seperti, Pasar Sawahlunto dan Sapan hari Rabu dan Sabtu, Pasar Talawi hari Selasa dan Jumat serta Pasar Silung­kang pada hari Minggu. Aksi yang dilaku­kan Pramuka penegak berpakaian lengkap dengan tanda pita putih biru di lengan kanan itu memberikan bantuan kepada semua pengunjung pasar mulai dengan mebawakan barang belanjaan juga menye­berangkan ke tempat parkir atau oplet.

“Kita juga membantu sebagai petugas informasi dan keamanan pengunjung pasar,” tambahnya.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

Andalan Cabang Pengabdian Masya­rakat Henky Prasnmudya didampingi Ketua pelaksana BABR XIII Jariri D Manda menambahkan, pelaksanaan baksos dikera­maian itu berlangsung selama seminggu sebelum datangnya lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah. Hal ini sebagai bentuk wujud kepedulian anggota Pramuka di tengah masyarakat sekaligus melatih jiwa sosial Pramuka tidak sekedar mendapat pelaja­rannya saja tapi juga harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dikemukan Jariri,  sebelumnya dalam rang­kaian BABR XIII juga telah dilak­sa­nakan baksos pembersihan dan penge­catan Mas­jid Nurul Huda Dusun Koto Desa Ta­la­go Gunug Kecamatan Barangin, serta lom­­ba mewarnai dan lomba disain kartu le­ba­­ran.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

“Momentum puasa Ramadan bisa menjadi ajang latihan bagi anggota pra­muka yang terlibat dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta mening­katkan solitaritas dan kepekaan sosialnya,’’ harapnya. (h/mg-rki)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]