Pimpin BKPRMI Sumbar, Syamsul Bahri Prioritaskan Program Pendidikan Surau


Rabu, 29 Juni 2016 - 06:22:04 WIB
Pimpin BKPRMI Sumbar, Syamsul Bahri Prioritaskan Program Pendidikan Surau SYAMSUL Bahri bersama Ketua Umum DPP BKPRMI, Said Aldi Al Idrus, melakukan disikusi jelang berbuka dengan Anggota DPR RI H. Refrizal, dan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Sabtu (25/6). (FITRAYANDI)

PARIAMAN, HALUAN —  Syamsul Bahri terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Provinsi Sumatera Barat perio­de 2016–2020 dalam Musya­warah Wilayah Luar Biasa (Muswillub) BKPRMI Sumbar di Kota Pariaman, Sabtu (25/6). Ia mengaku, peningkatan minat pelajar terhadap surau jadi prioritas kerja ke depan.

“Pembinaan terhadap pe­lajar di sekolah–sekolah yang ada di Sumatera Barat menjadi program jangka pendek BKP­RMI Sumbar. Ini untuk me­ning­katkan kembali minat pelajar ke masjid dan surau,” kata Syamsul Bahri kepada Haluan.

Baca Juga : Waduh! Sabtu dan Minggu Besok, Aktivitas GOR Haji Agus Salim Padang Ditutup

Program jangka pendek yang dirancangnya adalah Dai Goes To School, berupa kerja­sama dengan sekolah-sekolah di Sumbar agar pendakwah atau dai BKPRMI bisa melaku­kan pembinaan dan berin­te­raksi langsung dengan pelajar.

Satu sekolah 10 hafiz qu­ran, lanjut Syamsul, menjadi program terdekat lain yang akan dilaksanakan. Program ini sejalan dengan Dai Goes To School, dimana Dai BKPRMI tiap bulan melakukan tutorial dan setor ayat dari pelajar yang mengikuti program tersebut. Ditargetkan dalam setahun, sudah ada 10 orang Hafiz Quran di setiap sekolah di kota dan kabupaten.

Baca Juga : Hampir Tiap Tahun, Ada Ratusan PNS Sumbar yang Pensiun

“Dalam hasil silaturahmi kami, ada lima kota dan kabu­paten yang visi pendidikannya mendukung program ini. Se­kolah di daerah ini akan men­jadi proyek percontohan ‘satu sekolah 10 hafiz’. Misalnya, Kota Pariaman dengan pro­gram Full Days School, di mana siswa beraktivitas pagi sampai sore di sekolah. Se­dangkan daerah lainnya yaitu, Padang Pariaman, Agam, Pasa­man dan Sawah­lunto,” jelasnya lagi.

Terkait susunan pengurus BKPRMI Sumbar, lanjut Sya­m­sul, bersama formatur lain akan disusun kepengurusan dalam sebulan ke depan. Se­telah lebaran, diusahakan na­ma-nama pengurus sudah leng­kap dan dikirim ke DPP BK­PR­MI. Proses ini akan dila­kukan dalam konsolidasi deng­an DPD BKPRMI kota dan kabupaten se-Sumbar dalam waktu dekat ini.

Baca Juga : Pelamar CPNS Sumbar 2019 Tembus 25 Ribu Orang

“Ditargetkan akhir Juli atau awal Agustus 2016 nanti, De­wan Pengurus Wilayah BKP­RMI Sumbar sudah dilantik oleh Pengurus DPP. Sehingga tidak perlu menunggu lama untuk bergerak menjalankan program – program yang sudah disusun,” ujarnya yang saat ini juga beraktivitas sebagai Ma­na­ger Regional Area (MR­A) Sumbar PT. Indosat.

Adapun komposisi pengu­rus, sambungnya, terdiri dari pengurus harian yang diutama­kan diisi oleh orang-orang yang berumur di bawah 40 tahun. Sehingga Pengurus BKPRMI SUmbar bisa bergerak cepat dan energik dalam menjalan kegiatan. Sedangkan tokoh masyarakat, rantau, ulama, dan tokoh adat, akan dijadikan sebagai Pembina dan penasehat bagi kader BKPRMI yang tersebar di Sumbar. (h/mg-fyt)

Baca Juga : Sebanyak 13 Orang Guru Mengaji Terima Bantuan Kelengkapan Pakaian

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]