Jembatan Pinamang Rusak Berat


Rabu, 29 Juni 2016 - 06:32:24 WIB
Jembatan Pinamang Rusak Berat Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi meninjau Jembatan Pinamang di Jalan Tan Malaka, Kecamatan Guguk yang mengalami rusak parah. Pengendara harus lebih hati-hati jika lewat jembatan ini. (ZUL)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengingatkan seluruh pengendara motor dan pejalan kaki, agar lebih hati-hati jika ingin melewati Jembatan Pinamang yang menghubungkan Kota Payakumbuh dengan daerah  mudiak (Guguak, Suliki, Gunuang Omeh).

Pasalnya, jelang Hari Raya Idul Fitri ini lalu-lintas di kawasan itu diperkirakan semakin padat dan ramai. Sementara kondisi jembatan sangat memprihatinkan, ting­gal separuh yang bisa dilewati dan banyak pula lubang me­nganga.

“Karena itu diharapkan para pengendara dan pejalan kaki yang melewati jembatan tersebut, tepatnya selepas Simpang Kuranji itu, harus berhati-hati,” ungkap Irfendi Arbi yang dihubungi di Sari­lamak, Selasa kemarin.

Dikatakan, pihaknya su­dah meninjau lokasi jembatan seusai melaksanakan sholat tarwih pada Safari Ramadan ke Suliki beberapa waktu lalu.

Kondisi jembatan itu yang dapat dilewati hanya tinggal separuhnya, karena sebagaian lainnya kini terda­pat lobang–lobang besar.

“Ketika kendaraan ber­papasan di tengah jembatan itu, maka terpaksa jalan ber­gantian atau buka tutup,” ujar Irfendi Arbi.

Selama ini arus lalulintas darat menuju mudiak meng­gunakan beragam kendaraan bermotor, seperti truk, fuso, bus, mobil pribadi, angpedes yang turut menyebabkan kerusakan jembatan lebih cepat. Jadi memang jembatan yang berada di jalan provinsi itu butuh penanganan segera.

Lagipula keberadaan ja­lan akan mampu mening­katkan kegiatan ekonomi di suatu tempat karena mem­perlancar orang untuk pergi atau mengirim barang lebih cepat ke suatu tujuan.

Dengan adanya jalan, komoditas yang dihasilkan daerah ini dapat mengalir ke pasar setempat maupun tetangganya. (h/zkf)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]