Kayu Gelondogan dan Truk Disita

Wabup Dharmasraya Sikat Ilegal Loging


Rabu, 29 Juni 2016 - 06:39:33 WIB
Wabup Dharmasraya Sikat Ilegal Loging Wabup Dharmasraya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan dan Kapolres Dharmasraya AKBP.Lalu Muhammad Iwan Mahardan , turun kelokasi pembalakan. (MARYADI)

DHARMASRAYA, HALUAN — Sehari setelah melakukan inspeksi mendadak terhadap aksi pembalakan liar di Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung dan Nagari Lubuak Selasiah, Kecamatan Pulau Punjung, Wabup Dharmasraya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan dan Kapolres Dharmasraya AKBP.Lalu Muhammad Iwan Mahardan, terkecoh oleh pelaku illegal loging, Selasa (28/06).

Seperti film India, Polisi tiba dilokasi, perampoknya sudah keburu kabur, rom­bongan yang terdiri dari Ke­polisian, TNI, Pol PP serta Polhut tersebut, hanya me­nemukan tiga potong kayu gelondongan yang diduga berjenis Balam dengan dua unit truk khusus pembawa kayu.

Baca Juga : Ada Buaya Bertelur di Lahan Sawit Milik Warga di Tiku

Kayu-kayu glondongan yang sebelumnya banyak berserakan, saat operasi ber­langsung sudah tidak ada lagi. Bahkan alat berat yang di­temukan Wabup sehari sebe­lumnya juga sudah tidak berada ditempatnya. Untung saja ada tiga buah kayu balok yang masih belum sempat diselamatkan para cukong kayu. Tiga potong kayu ge­londongan yang diperkirakan mencapai 6 M2 itu diangkut tim untuk dijadikan barang bukti.

Setelah anggota Reserse menaikkan tiga potong kayu tersebut ke atas mobil, Ka­polres Lalu Muhammad Iwan Mahardan bersama Wabup Amrizal memberikan penje­lasan kepada para wartawan yang ikut turun ke lokasi yang tidak jauh dari Objek Wisata Candi Padang Roco.

Baca Juga : Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Bertambah, Total 586 Kasus

Wabup Dharmasraya,  me­­negaskan sebelumnya, satu permasalahan yang ter­katagori luar biasa, yaitu masalah illegalloging di Ka­bupaten Dharmasraya. Ra­tusan meterkubik kayu gelon­dongan sekurang kurangnya dikuras dari bumi kabupaten berjuluk Ranah Cati Nan Tigo setiap malam. Para cukong tidak lagi malu me­ngang­kut kayu di siang hari dan mereka sama sekali tidak merasa melanggar hukum.

Akibat maraknya ile­galoging ini, menurut Wabup yang juga kader Partai Ha­nura itu, hutan-hutan gundul, tap peduli apakah hutan lindung ataupun hutan pro­duksi terbatas.

Baca Juga : Turun Drastis, Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Bertambah 44 Orang

Kemudian jalan yang dila­­­lui oleh truk-truk kayu kon­disinya rusak parah. “Tiap hari ada saja warga yang lapor ke saya melalui Hp,” kata sosok sederhana ini. Selain itu, kabupaten kaya sumberdaya alam ini harus banyak kehi­langan pen­da­patan akibat ulah para cukong, sementara beban kerusakan infrastruktur yang harus ditanggubg akibat prak­tek ilegaloging sangat besar. “Sebetulnya warga kita tidak banyak terlibat, cukong cu­kong ini yang makin kaya, warga kita cuma begitu be­gitu hidupnya. Ini kan keterlaluan,” imbuhnya.

Sedangkan Kapolres Dhar­­­masraya menegaskan, dengan turunnya Kapolres bersama Wabup itu artinya merupakan komitmen aparat penegak hukum dengan pe­me­rintah daerah dalam rangka pemberantasan pembalakan liar di Dharmasraya.”Saya tidak perlu ucapkan masalah komitmen pemberantasan pembalakan liar, tetapi lihat buktinya, semenjak saya me­mim­pin Polres Dharmasraya, sudah empat kali melakukan pe­nangkapan illegal lo­ging,” imbuhnya.

Baca Juga : Pasien Sembuh Covid-19 di Sumbar Mencapai 24.233 Kasus

Tentang temuan kayu yang tak bertuan itu, ia akan melakukan penyelidikan, karena yang namanya kayu temuan tidak dapat menduga duga siapa pemiliknya.”Yang penting kita akan lakukan peneyelidikan lebih lanjut atas temuan tiga potong kayu dan dua truk pengangkut kayu ini,”ulas putra Lombok ini.

Wabup Amrizal yang juga ikut ditanya wartawan mengatakan, ia tetap komit bersama penegak hukum dalam rangka pemberantasan illegal loging di Dharmasraya.

Namun ketika didesak wartawan tentang alat berat yang sudah menghilang, Wabup berkilah belum tentu alat berat itu digunakan untuk aktivitas illegal loging, karena sewaktu didatangi sehari sebelumnya, alata itu tidak beraktivitas.”Kita kan masih menduga duga,”ucap Ketua Partai Hanura ini. (h/myd/dn)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]