Mahasiswa UBH Bidik Industri Sejak Dini


Rabu, 29 Juni 2016 - 06:47:28 WIB
Mahasiswa UBH Bidik Industri Sejak Dini

PADANG, HALUAN — Uni­versitas Bung Hatta menem­patkan mahasiswa jurusan teknik kimia kerja praktek (KP) di beberapa industri yang terdapat di Pulau Sumatra, Jawa dan Kepulauan Riau.

PT Synergy Oil Nusantara Batam merupakan salah satu industri yang menjadi tempat kerja praktek mahasiswa teknik kimia angkatan 2013 yang diikuti oleh Doni Saputra, Puji Agenta, Maihendra Jaya dan Shellya Harlyta.

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Pedagang: Sabtu dan Minggu Harinya Kami

Manajer Produksi PT Sy­ner­gy Oil Nusantara Batam, Tigor Nainggolan menye­but­kan kerja praktek merupakan bagian terpenting dalam sistem perkuliahan sebelum men­dapatkan gelar sarjana teknik kimia. Dengan kerja praktek mahasiswa dapat melihat se­cara langsung pengaplikasian pengetahuan dan pelajaran yang telah didapat di kampus ke industri dan ilmu yang diperoleh di industri bisa di­sampaikan kepada kampus untuk mempersiapkan sarjana yang lebih unggul.

“Selama kerja praktek ma­ha­siswa harus serius untuk men­dalami pengetahuan dan pe­kerjaan di lingkungan kerja prak­tik, sehingga dapat me­lihat apa­­kah ilmu yang di­pelajari di kam­­pus sesuai atau tidak de­ngan kebutuhan in­dustri serta pe­ngaplikasian ilmu yang tepat sa­s­aran. Kerja praktek juga mem­buat ma­hasiswa tidak cang­­­gung lagi untuk meng­ha­dapi dunia ker­ja, jadi jangan di­sia-siakan waktunya,” terang­nya.

Baca Juga : Layanan Kesehatan Warga Binaan, Rutan Padang Teken MoU dengan Puskesmas Anak Air

Tigor menerangkan, bukan hanya di Batam, belakangan ini dunia industri sedang ber­kembang di seluruh wilayah Indonesia mulai dari industri rumahan sampai industri besar. Sehingga peranan lulusan sar­jana teknik kimia sangat dibu­tuhkan, karena lulusannya bertugas untuk mendesain, memproses sampai meng­hasilkan produk.

“Jadi saya pikir lulusan teknik kimia sangat dibutuh­kan di republik kita ini dan peluang kerjanya sangat besar sekali,” ujarnya.

Baca Juga : Memasuki Musim Kemarau, Perumda AM Kota Padang Minta Warga Hemat Air

Ia menambahkan untuk menghadapi itu semua banyak hal yang harus dipersiapkan. Pertama, dari segi mental warga negara perlu diperbaiki karena banyak kenakalan re­maja yang harus dihindari mahasiswa. Kedua, me­ning­katkan pengetahuan yang bisa diperoleh dari dalam dan luar kampus, seperti membahas buku-buku pengetahun dan berdiskusi dengan praktisi industri.

“Selanjutnya, mahasiswa harus memperdalam kemam­puan berbahasa Inggris, karena kita berada di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Di­ma­na, bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan utama agar dapat bersaing dengan tenaga kerja luar,” ungkapnya.

Baca Juga : 61 Nakes di Puskesmas Andalas Siap Divaksinasi

Alumni Teknik Kimia Uni­versitas Bung Hatta Ferri Agus­wan, ST yang bekerja di PT Cesco Offshore Batam men­jelaskan, di Batam terdapat ber­bagai industri, seperti elek­tronik, manufaktur, per­ka­palan, fabrikasi migas, oleo­chemical dan lain-lain.

“Lulusan teknik kimia me­miliki peluang kerja yang terbuka untuk bergabung de­ngan berbagai industri tersebut, misalnya untuk mengisi posisi sebgai quality control atau assurance, engineer, analis kimia, safety officer dan seba­gainya,” jelas Ferri.

Ia menambahkan khusus untuk Batam, lulusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta cukup diperhitungkan dan dipercaya untuk mengisi po­sisi strategis diberbagai peru­sa­haan. Serta ada juga yang sukses sebagai pe­ngu­saha dan pegawai negeri sipil. (h/rel/eni)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]