Dewan: Carikan Solusi Kemacetan


Rabu, 29 Juni 2016 - 06:52:19 WIB
Dewan: Carikan Solusi Kemacetan

PADANG, HALUAN—DPRD Kota Padang  sayangkan  kondisi kema­cetan yang terjadi di kawasan UNP (Universitas Negeri Padang) serta depan Hotel Basko. Meskipun  telah dipasang ram­bu-rambu dilarang berhenti dan parkir, masih saja terlihat deretan kendaraan berjejer di sepanjang lokasi tersebut.

“Saya sayangkan, kendaraan  yang seenaknya berhenti dan pakir di wilayah yang jelas sudah di­larang,” kata Anggota Komisi III DPRD Kota Padang Mailinda Rose, Selasa (28/6).

Baca Juga : Masa Reses DPRD Padang, Irawati Meuraksa Siapkan Program Tepat Guna untuk Masyarakat

Sepanjang  kawasan UNP (Uni­versitas Negeri Padang), meski rambu larangan berhenti sudah dipasang sepajang jalan, namun perilaku para supir Travel dan bus AKDP(Antar Kota Dalam Provinsi) seperti ke Pariaman, Lubung Ba­sung Pasaman, Bukittinggi me­nim­­bulkan kemacetan, ditambah lagi jumlah angkot  Jurusan Labor dan Lubuk Buaya yang sangat banyak.

“Hal yang sama, ketika  melalui Hotel Basko, kemacetan  sering terjadi akibat parkir yang meng­ambil fasilitas jalan umum.

Baca Juga : Ada Perbaikan Pipa Perumda AM Kota Padang di Lubuk Minturun, Siap-siap Tampung Air!

Harusnya,  dinas terkait menca­rikan solusinya. Jangan dibiarkan,  kondisi tersebut  berlang­sung,” ung­kapnya.

Anggota Komisi I DPRD Kota  Padang Azirwan   mengatakan, harus ada solusinya, pihak hotel agar me­nyiapkan lahan parkir seperti fasilitas dalam gedung untuk parkir yang bisa menampung ken­daraan yang cukup banyak.

Baca Juga : Tanaman Hias Jenis Keladi Paling Banyak Dicari Emak-emak di Padang

“Kejadian ini,  sudah lama  ber­langsung, kenapa tidak dikaji  An­dalalin (Analisis dampak lalu lintas) atau perencanaan pengaturan lalu lintas nya,” katanya.

Dinas TRTB, harus melakukan kajian Andalalin pada setiap ba­ngunan yang akan berdiri seperti Hotel, Apartemen, Mal, Kampus, stadion ataupun kawasan pe­mu­kiman. 

Baca Juga : GOR H Agus Salim Padang Ditutup, Masyarakat Beralih Olahraga ke Unand

Dishub juga harus tegas me­ng­­ambil tindakan untuk parkir liar dan kendaraan yang parkir sem­barangan serta berko­ordinasi de­ngan pihak kepoliasian lalu lintas untuk mengurai ke­macetan.(h/ade)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]