Komite Madrasah Hanya Bisa Dijabat Enam Tahun


Rabu, 29 Juni 2016 - 13:54:54 WIB
Komite Madrasah Hanya Bisa Dijabat Enam Tahun

PADANG, HALUAN -- Pengurus Komite Madrasah yang sudah berumur enam tahun agar segera diganti, karena melanggar ketentuan yang ada. Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Drs.H. Artis Arjun, MPd menegaskan hal itu menjawab “Haluan” di Padang Rabu (29/6).

Dikemukakannya sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Nomor : 2913 Tahun 2015 tanggal 20 Mei 2015 tentang Petunjuk Terknis Struktur Organisasi dan Pengelolaan Dana Komite ditegaskan bahwa masa jabatan keanggotaan komite madrasah adalah tiga tahun dan dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan. Kepala madrasah yang mengeluarkan surat keputusan penetapan pengurus komite madrasah harus segera memperbarui kepengurusan agar segala kegiatannya tak illegal. “Bila tidak diganti kepengurusan maka tentunya melanggar ketentuan dan segala kegiatannya jadi tak sah. Dan jangan sampai menimbulkan masalah nantinya,” tegas Artis Arjun.

Baca Juga : Update Zonasi Covid-19 di Sumbar, Dharmasraya Jadi Daerah dengan Penularan Terendah

Tanpa merinci komite madrasah mana saja yang sudah lewat masanya, tapi yang jelas masih ada komite madrasah yang umur lebih dari enam tahun atau dua periode. Komite madrasah yang sudah kadaluarsa tersebut dilarang memusyawarahkan pengumpulan sumbangan dan bentuk iyuran lainnya sebelum diganti.  Selanjutnya dijelaskan pelaporan dan pertanggungjawaban dana komite madrasah dilakukan oleh pengurus kepada anggota komite madrasah dan ditembuskan kepada kepala madrasah. Sementara pengawasan dilakukan pengawas intern komite madrasah. (h/aye)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]