DPRD Sumbar Minta Pemprov Jeli Dalam SOP Tambang


Rabu, 29 Juni 2016 - 17:39:13 WIB
DPRD Sumbar Minta Pemprov Jeli Dalam SOP Tambang ilustrasi tambang batubara meledak

PADANG, HALUAN – Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Arkadius menegaskan kepada pemerintah Provinsi agar serius melihat kejadian ledakan tambang Sawahlunto yang terus berulang dan menimbulkan korban. Terlebih lagi kepada PT Nusa Alam Lestari yang ledakan sekarang ini merupakan kesekian kalinya.

“Ada apa dengan SOP di lubang tambang Sawahlunto? Kenapa kecelakaan kerja di lubang tambang terus terjadi. Para pekerja selalu jadi tumbal bagi para pengusaha. Dulu ditahun 2013, juga pernah terjadi kecelakaan kerja tambang di PT NAL. Saat itu, tiga pekerja menjadi korban lori yang bermasalah. Sekarang perusahaan tersebut lalai lagi dan lubang tambangnya kembali memakan korban 5 orang,’ tegas Arkadius kepada Haluan, Selasa (29/6).

Disebutkannya, pemerintah harus jeli dan teliti dengan keselamatan pekerja tambang yang di dalam lubang. Lihat lebih dalam lagi bagaimana mereka bertaruh dengan nyawa di perut bumi dengan kedalaman ratusan meter. Banyak mereka masuk kedalam tanpa pengaman dan standar keselamatan yang memadai. “Gubernur memang sigap meninjau lokasi kemarin, namun jangan hanya tinjauan seremonial saja. Tetapi harus lebih jeli dan lihat bagaimana keselamatan pekerja dipertaruhkan. Padahal yang bekerja di situ layaknya orang dapek pagi abih patang dengan standar ekonomi keluarga yang tidak mumpuni. Jika mereka sudah cidera atau cacat, mau bekerja apa mereka lagi,” kata Arkadius. (h/mg-ang)

 

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]