Imigrasi Cegah Dampak Negatif Kunjungan Orang Asing


Kamis, 30 Juni 2016 - 05:34:38 WIB
Imigrasi Cegah Dampak Negatif Kunjungan Orang Asing

BINTAN, HALUAN — Dalam upaya mencegah serta meng­eliminasi dampak negatif seiring meningkatkannya orang asing yang datang ke Indonesia khu­susnya di Kabupaten Bintan. Kantor Imigrasi Klas II Tanjung­uban membentuk sekaligus meresmikan Kantor Sekretariat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Imigrasi di Tanjunguban, Selasa (28/6) sore.

Apalagi, dengan diterapkannya pasar global Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) serta peraturan pemerintah yang memberikan kebabasan visa kepada 169 negara. Kepala Kantor Wilayah Ke­men­trian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Kepri, Ohan Suryana dalam sambutannya me­ngatakan, dengan dibentuknya Tim Pora Imigrasi yang ada di kantor Imigrasi Klas II Tanjunguban diharapkan mampu meminimalisir dampak negatif dengan mening­katnya kunjungan orang asing ke Bintan.

Apalagi, kemajuan pemba­ngunan disektor pariwisata saat ini yang menjadi daya tarik orang asing datang ke Bintan, sehingga keberadaan Tim Pora kata Ohan sangat penting dalam menjaga kedaulatan serta kesatuan negara Republik Indonesia.

“Sektor pariwisata merupakan sektor yang menjadi daya tarik orang asing untuk datang kesini (Bintan-red). Sehingga, untuk mengeliminasi dampak negatif tersebut perlu Tim Pora yang beranggotan dari beberapa badan serta lembaga pemerintahan terkait dalam melakukan pengawasan orang asing,” beber Ohan.

Dengan adanya kebijakan pe­merintah yang memberikan bebas visa bagi turis dari 169 negara. Dengan demikian, alur lalu lintas orang asing yang masuk ke Bintan akan semakin meningkat.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Klas II Tanjunguban, Suhendra mengatakan, Tim Pora sudah sejak lama dibentuk kantor Imigrasi Klas II Tanjunguban. Hanya saja, selama ini keberadaannya belum secara resmi dilauching. Ia berharap, dengan diresmikannya Tim Pora yang beranggotakan dari Ke­polisian, TNI, Bea Cukai, BIN, serta aparat pemerintahan terkait lainnya.

“Keberadaannya memang su­dah sejak lama ada, tetapi belum diresmikan. Sore ini kita berharap pak Kakanwil Kemenkumhan untuk meresmikan sekaligus me­ngu­kuhkan anggota Tim Pora kantor Imigrasi Klas II Tan­jungu­ban,” tutur Suhendra.

Turut hadir, pejabat struktural Kanwil Kemenkumham Kepri, kepala Imigrasi se-Kepri, anggota Tim Pora, serta para pegawai kantor Imigrasi Klas II Tanju­nguban. (h/cw95)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]