DPRD Tanah Datar Terima Tiga Usulan Ranperda


Kamis, 30 Juni 2016 - 05:43:53 WIB
DPRD Tanah Datar Terima Tiga Usulan Ranperda

BATUSANGKAR, HALUAN — DPRD Kabupaten Tanah Datar menerima nota penjelasan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dari Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi dalam sidang paripurna dewan, di Pagaruyung, Senin (27/6).

Tiga Ranperda yang diterima Pimpinan Sidang Paripurna, Irman itu adalah Ran­perda tentang Pemilihan Walinagari, Izin Usaha Perdagangan, dan Laporan Per­tanggungjawaban (LPj) APBD 2015.

Baca Juga : RSUD Lubuk Basung Siapkan 10 Tenaga Medis Penyelenggara Vaksinasi Covid-19

Bupati menyampaikan Ranperda ten­tang pemilihan wali nagari (Pilwanag) ini dibuat sebagai landasan hukum dan pedoman dalam pelaksanaan Pilwanag yang dilakukan secara serentak di Tanah Datar.

“Pilwanag digelar untuk mewujudkan kedaulatan rakyat guna menghasilkan pemerintahan nagari yang demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” katanya.

Baca Juga : Akhir Minggu, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Agam Semakin Diminati

Menurut Bupati, materi muatan yang diatur dalam Ranperda Pilwanag ini antara lain dilakukan secara serentak, pemben­tukan panitia pemilihan, tahapan dan jadwal pemilihan, persyaratan calon, dan anggaran pemilihan.

Sementara Ranperda tentang izin usaha perdagangan, ia menyampaikan penyu­sunan Ranperda ini dilatarbelakangi berkembangnya usaha perdagangan di Tanah Datar sehingga perlu diciptakan iklim usaha yang sehat dan kondusif guna mendorong peningkatan investasi.

Baca Juga : Pohon Tumbang di Tiku, BPBD Agam Lakukan Pembersihan

“Untuk mendapatkan kepastian hukum dalam berusaha, perlindungan dan kemu­dahan akses permodalan maka diperlukan Perda izin usaha perdagangan,” sebut Irdinansyah. (h/emz)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]