IAIN Batusangkar Dikunjungi Tim BAN-PT


Kamis, 30 Juni 2016 - 05:44:34 WIB
IAIN Batusangkar Dikunjungi Tim BAN-PT

TANAH DATAR, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dikunjungi Tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kedatangan Tim BAN-PT kali ini dalam rangka Asesmen Surveilen Institusi Pasca Alih Status STAIN Ba­tusangkar menjadi IAIN Ba­tusangkar.

Asesmen surveilen telah dilaksanakan sejak 27 Juni kemarin dan berlangsung hing­ga  29 Juli.  BAN-PT melaku­kan kunjungan berdasarkan surat permohonan yang dia­jukan oleh Rektor IAIN Batu­sangkar pada 6 Juni ke BAN-PT untuk Mengkonversi Ak­reditasi Institusi STAIN Batu­sangkar ke IAIN Batusangkar.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Dalam pelaksanaan Ases­men Surveilen pihak BAN-PT menugaskan empat orang Ase­sor dan satu staf dari BAN-PT yaitu Prof. Dr. Muchamad Syafruddin, M.Si., Akt. (Ang­gota BAN-PT), Prof. Suwito, MA. (UIN Jakarta), Prof. Drs. Djoko Suhardjanto, M.Com (Hons), Ph.D. (UIN Surakarta) Prof. Dr. Imam Buchari. (Uni­versitas Diponegoro Semarang) dan Ikhwan Tunggul Wibowo (Staf BAN-PT). Selain menga­mati, menggali data dan infor­masi, Tim asesmen surveilen ini juga melakukan peninjauan terhadap beberapa unit yang berada di IAIN Batusangkar.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA menje­laskan, kehadiran Asesor Ases­men BAN-PT IAIN Batu­sang­kar tentunya memberikan arti yang sangat penting bagi pe­ngem­bangan lembaga, me­ngingat IAIN Batusangkar berada dalam masa transisi, apalagi momentum alih status IAIN Batusangkar. Untuk bisa menjalankan Institusi yang lebih baik dan berkualitas mesti perlu disiapkan Peningkatan Sistem Penjaminan Mutu IAIN Batusangkar, agar jangan terjadi persoalan mutu institusi kurang baik dikemudian hari.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

“Sehingga, perguruan tinggi Islam di Indonesia khususnya IAIN Batusangkar bisa ber­benah dan bisa  melakukan langkah-langkah strategis untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, Asesmen sur­veilen hakekatnya adalah pem­binaan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan per­guruan tinggi, terutama IAIN Batusangkar di masa akan datang, “ ungkap Rektor.

Dalam sambutannya Kas­muri menambahkan, pada ta­hun 2015 lalu STAIN Batu­sangkar telah melaksanakan Asesmen AIPT, alhamdulillah Tim Asesor mengapresiasi yang sangat baik dengan keputusan Akreditasi STAIN Batusangkar melalui keputusan BAN-PT Monor 942/SK/BAN-PT/PT.­VII/2015. Tanggal 29 Agustus  dengan peringkat B.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Sementara itu Tim Asesor Asesmen surveilen Prof. Dr. Muchamad Syafruddin, me­nyampaikan tugas BAN-PT dalam rangka Asesmen Sur­veilen ini kepedulian kita semua di per­guruan tinggi karna me­nyangkut kualitas para lulusan dan menja­min lulusan yang berkualitas, sehingga lembaga pendidikan perguruan tinggi terutama IAIN Batusangkar, mempuinyai kualitas pen­di­dikan yang unggul.

Muchamad Syafruddin me­nam­bahkan dua aspek kepe­dulian BAN-PT terhadap pergu­ruan tinggi, diantaranya, me­ngin­formasikan kinerja pergu­ruan tinggi kepada masyarakat dan mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditem­puh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat.

Baca Juga : Komisi I DPRD Solsel Terima Aspirasi Masyarakat saat Kunker di Kecamatan KPGD

Asesmen Surveilen ini di hadiri seluruh Wakil Rektor, Direktur, Wakil Direktur Pas­casarjana, Dekan, Wakil Dekan Fakultas, Ketua LPM, Ketua LPPM, Kepala Perpustakaan, Kepala UPT TIPD, Kabag dan juga dihadiri Dosen, Karyawan, Alumni dan Mahasiswa IAIN Batusangkar, turut hadir juga stake holder pengguna lulusan IAIN Batusangkar, diantaranya Ketua Pengadilan Agama Batusangkar, Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar, Pimpinan Lembaga Perbankan dan Kepala Sekolah. (h/fma)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]