Urai Kemacetan

Jalan Alternatif Pasar Koto Baru Segera Beroperasi


Kamis, 30 Juni 2016 - 05:47:48 WIB
Jalan Alternatif Pasar Koto Baru Segera Beroperasi Ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di depan Pasar Koto Baru, Kecamatan X Koto, Tanah Datar terlihat macet, bila kondisi ini tak teratasi, akan menjadi kendala arus mudik lebaran.

BATUSANGKAR, HALUAN — Menyikapi permasalahan kemacetan yang  terjadi pada setiap Senin di Pasar Rakyat Koto Baru X koto, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama dinas terkait dari Provinsi dan masyarakat bahu membahu menyiapkan jalan alternatif  yang dapat dioperasi pada lebaran tahun ini.

Didampingi Asisten I Drs. Altri Suandi, Kasat Pol PP Hardian Fikri, Kadis Ko­perin­dagpastam Abdul Hakim kepa­la Dinas Perhubungan, Humas Tanah Datar, dan perangkat Kecamatan X Koto, bupati meninjau pengerjaan jalan alternatif tersebut pada Senin (27/6), di Pasar Koto Baru. 

Baca Juga : RSUD Lubuk Basung Siapkan 10 Tenaga Medis Penyelenggara Vaksinasi Covid-19

Kebijakan bersama untuk membuat jalan altetnatif di pasar Koto Baru yang paling membosankan bila melewati jalan pasar Koto Baru pada hari Balai (Senin) dikarenakan jalan macet itu mendapat dukungan masyarakat dan pedagang se­tempat.

Hal itu dibuktikan dengan terjadinya interaksi komunikasi yang baik disaat Bupati, Ir­dinansyah mengunjungi dan menanyai satu persatu pe­dagang Pasar Koto Baru saat meninjau jalan alternatif, terkait pembangunan jalan Alternatif yang sedang dikerjakan saat itu.

Baca Juga : Akhir Minggu, Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka di Agam Semakin Diminati

        Kepada Wartawan, Bupati Irdinansyah disela-sela kunjungan tersebut menga­takan, pengoprasian jalan al­ternatif dan penataan para pedagang pasar di Koto Baru ini, akan dilakukan mulai hari ini. “Dan rencananya juga jalan alternatif akan di oprasikan pada lebaran tahun ini,” se­butnya. 

      Dikatakan bahwa, jalan alternatif yang sudah dibuka ini dibuat mulai dari Simpang Batu Palano sampai nantinya keluar di LTH sekitar depan Polsek X koto, sehingga pengguna jalan tidak lagi mengalami kema­catan panjang dijalur Padang-Bukittingi di setiap hari pasar khususnya, dan juga setelah lebaran.

Baca Juga : Pohon Tumbang di Tiku, BPBD Agam Lakukan Pembersihan

“Rencananya juga akan dilakukan pengaspalan di jalur tersebut sehingga dapat digu­nakan dengan lancar nantinya,” harap Irdinansyah.

Bupati juga beri apresiasi terhadap kesediaan pemilik kendaraan untuk memarkirkan kendaraannya di lokasi yang sudah disediakan. Dengan telah dipakai lokasi parkir, memberi dampak signifikan terhadap pengurangan tingkat kemacetan di depan pasar Koto Baru X Koto ini,” katanya dengan gembira.

Baca Juga : Harga Cabai Rawit di Lubuk Basung Tembus Rp80 Ribu Perkilogram

Lebih lanjut Irdinansyah mengucapkan terimakasih ke­pada Pemerintah Provinsi Su­matera Barat, masyarakat Koto Baru, baik dari unsur pemuda, Tokoh Masyarakat, dan Niniak Mamak, yang sudah ikut mem­bantu dalam pembangunan dan pembenahan para pedagang di Pasar Koto Baru.

Ungkapan terima kasih Bupati juga disampaikan ke­pada petugas yang sudah mem­bantu melancarkan arus lalu­lintas di sekitar pasar sehingga mulai hari ini tidak lagi macet walaupun pada hari ini adalah hari pasar di Koto Baru.

Sementara itu, Kadis Hub­kominfo Abrar juga menga­takan, “Kami akan terus me­ngu­payakan agar jalur padat pada liburan lebaran kali ini dapat terurai dari kemacetan serta siap mensukseskan prog­ram pemerintah dalam pena­taan dan penertiban para peda­gang agar tidak menghambat jalannya arus lalulintas di depan Pasar Koro Baru,” ungkapnya.

Abrar juga megimbau kepa­da para pedagang agar ber­transaksi tidak lagi di pinggir jalan tetapi di dalam los yang sudah tersedia di dalam pasar, baik untuk pedagang eceran maupun pedagang pengumpul. “Sehingga kalau sudah tertib dan rapi kemacetan yang sela­ma ini menjadi kendala dapat kita atasi bersama,” harap Abrar.

Khusus pengamanan arus Lalu lintas di sepanjang jalur jalan Provinsi yang masih dalam Wilayah Tanah Datar pihaknya akan menyiapkan Tim dalam penertiban dan pengaturan lintas, sehingga dapat membuat perantau yang pulang mudik dapat merasakan kenyamanan dalam berlalu lintas. (h/ydv/emz/hel)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]