Posyandu Kemuning Terbaik di Sumbar


Kamis, 30 Juni 2016 - 05:50:58 WIB
Posyandu Kemuning Terbaik di Sumbar Ilustrasi.

BUKITTINGGI, HALUAN — Posyandu Kemuning, Kelurahan Aur Kuning, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), ditetapkan Gubernur Sumbar sebagai pemenang I dalam lomba posyandu berprestasi tingkat Provinsi Sumbar tahun 2016 untuk kategori Kota.

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Peme­rinta­han Kelurahan dan Nagari (PMPKN) Kota Bukittinggi, Rismal Hadi mengatakan, sesuai deng­an surat keputusan Gubernur Sumbar yang diterima, Posyandu Kemuning dengan kader Posyandu Surya Fitri, keluar sebagai pemenang I dalam lomba provinsi untuk kategori kota.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Kemudian disusul pemenang II Kota Pariaman, pemenang III Kota Sawahlunto. Sedangkan untuk harapan I diraih Kota Padang, Harapan II diraih Kota Padang Panjang dan harapan III diraih Kota Paya­kum­buh. Untuk tingkat kabupaten juara I diraih oleh Kabupaten Solok.

“Alhamdulillah, Posyandu Kemuning Aur Kuning keluar sebagai pemenang I. Prestasi ini tentunya suatu kebanggan bagi pemerintah daerah masyarakat, terutama para kader-kader pos­yan­du,” ujar Rismal di ruang kerjanya, Rabu (29/6).

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

Menurutnya, keberhasilan yang diraih Posyandu Kemuning ini tidak terlepas dari sejumlah program yang dijalankannya, seperti program kesehatan, Bina Keluarga Balita (BKB) dan PKK, serta program pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi keluarga.

Posyandu Kemuning berdiri sejak 1986, menjadi Posyandu Terintegrasi sejak November 2011, yaitu Posyandu Balita, Lansia, BKB dan PAUD. Selain pelayanan kesehatan dasar yang dijalankan oleh kader posyandu, juga terdapat beberapa inovasi kegiatan kader Posyandu Kemuning.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

Di antaranya pelatihan keterampilan bagi orangtua, sasaran untuk peningkatan ekonomi keluarga. Kegiatan koperasi, penyuluhan agama dan dana sehat yang berasal dari sumbangan ibu-ibu sasaran yang dikum­pul­kan ketika kegiatan posyandu. Bahkan, posyandu ini juga sudah mengembangkan tanaman obat keluarga (Toga) dan tanaman sayuran bagi masyarakat sekitar.

“Yang menjadi keunggulan di Posyandu Kemu­ning ini, yakni partisipasi masyarakat sekitar yang cukup tinggi. Baik itu dalam bentuk pembangunan gedung, sarana dan prasarana, serta operasioanl dari posyandu itu sendiri,” terang Rismal. (h/tot)

Baca Juga : Komisi I DPRD Solsel Terima Aspirasi Masyarakat saat Kunker di Kecamatan KPGD

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]