DKK Tingkatkan Pengawasan Vaksin


Kamis, 30 Juni 2016 - 05:54:59 WIB
DKK Tingkatkan Pengawasan Vaksin

BUKITTINGGI, HALUAN — Dinas Kese­hatan Kota (DKK) Bukittinggi, tingkatkan pengawasan dalam pen­yaluran vaksin. Hal ini dilakukan sehubungan maraknya pemberitaan di sejumlah media, terkait beredarnya vaksin palsu.

“Alhamdulillah, hingga saat ini belum ditemukan adanya vaksin palsu yang beredar di Bukittinggi. Dan kita memas­tikan tidak ada vaksin palsu yang beredar hingga ke daerah,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukit­tinggi, Syofia Das­mauli, kemarin.

Baca Juga : Pasokan Berlimpah, Harga Cabai Merah Keriting Turun

Menurutnya, masyarakat tidak perlu terpengaruh dengan beredarnya vaksin palsu tersebut. Sebab, pihaknya akan selalu terus meningkatkan penga­wasan terhadap penyaluran vaksin. DKK juga melakukan pemantauan ke sejumlah fasilitas pela­yanan kesehatan, seperti ke rumah sakit, klinik dan praktik swasta terkait dengan vaksin palsu tersebut.

Di samping itu, DKK juga sudah me­ngingat­kan kepada seluruh tenaga medis untuk lebih memperhatikan vaksin yang ada serta melakukan sosialisasi, agar mereka tetap mem­perhatikan vaksin yang akan di­guna­kan kepada masyarakat.

Baca Juga : Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal

“Kita berharap masyarakat tidak ter­pengaruh dengan beredarnya vaksin palsu. Namun demikian, kewaspadaan dan kehati-hatian perlu ditingkatkan,” ujar Syofia.

Beredarnya informasi tentang vak­sin palsu tersebut, katanya, memang mem­berikan pengaruh kepada masya­rakat, serta menimbulkan keresahan bagi para orang­tua, sehingga mereka  ragu untuk memberi vaksin pada anak-anaknya. Namun demi­kian, hal terse­but sudah bisa diantisipasi oleh pihak terkait bersama Dinas Kese­hatan Sumbar.

Baca Juga : Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi

“Masyarakat tidak perlu khawatir dan resah, karena kita akan terus pantau perkembangannya. Kita me­ngim­bau ke­pada masyarakat  untuk tetap mengikuti wajib vaksin sesuai yang ditetapkan pemerintah,” harap­nya. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]