Jelang Lebaran

BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:00:43 WIB
BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan

BUKITTINGGI, HALAUAN — Menjelang Lebaran 2016, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mempermudah prosedur pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS  yang mudik ke kampung halaman.

Sebagai wujud ke­pe­duli­an terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta BPJS Kese­hatan dalam hal penjaminan pelayanan kesehatan men­jelang Hari Raya Idul Fitri 2016, BPJS Kesehatan mene­rapkan kebijakan khusus ter­kait prosedur pelayanannya.

Para peserta BPJS Ke­se­hatan yang sedang mudik Lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas. Oleh karena itu, peserta BPJS  yang ingin mudik diimbau untuk selalu membawa kartu BPJS Kesehatan.

Karena, peserta BPJS Kesehatan yang sedang mu­dik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS  Kese­hatan setempat. Untuk pro­se­durnya, peserta dapat lang­sung mengunjungi IGD ru­mah sakit terdekat yang di­tunjuk oleh kantor cabang.

“BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittinggi, siap untuk mempermudah pro­sedur pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS  yang mudik ke Bukittinggi,” ujar Ke­pala BPJS Kesehatan Ca­bang Bukittingi yang diwakili Kepala Unit Manajemen Pe­la­yanan Kesehatan Rujukan (MPKR), Fauzi Lukman da­lam konferensi pers dengan wartawan, Rabu (29/6).

Dikatakannya, prosedur pelayanan kesehatan yang diberikan itu sebagai wujud kepedulian terhadap kenya­ma­nan dan kepuasan peserta dalam hal penjaminan pela­yanan kesehatan menjelang Lebaran ini. Kebijakan pe­mang­kasan prosedur pelaya­nan kesehatan tersebut ber­laku sejak H-7 sampai de­ngan H+7 Lebaran.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut ha­nya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang ber­sta­tus aktif. Oleh karena itu, diharapkan peserta me­mas­tikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran, agar status kepesertaannya selalu aktif,” ungkap Fauzi.

Ia menegaskan, selama peserta BPJS Kese­hat­an me­ngi­kut prosedur dan kete­n­tuan yang berlaku, serta tindakan medis yang dipe­rolehnya berdasarkan indi­kasi medis yang jelas ber­dasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kese­hatan tidak di­perkenankan menarik iuran biaya dari peserta.

Sementara itu, Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Bukit­tinggi, Masri Bahri me­nam­bahkan, selama Lebaran nanti fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Bukittinggi, siap untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta yang mudik ke kampung halaman.

“Untuk Bukittinggi, fa­silitas kesehatan yang dapat melayani peserta BPJS Ke­se­hatan Cabang Bukittinggi, yakni RSUD Ahmad Much­tar, Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN), RS Yarsi Ibnu Sina, RS TNI AD dan RSU Madina,” jelas Masri.

Dalam konferensi pers yang bertajuk “Mudik Nya­man Bersama BPJS Kese­hatan” dihadiri oleh direktur rumah sakit yang ada di Bukittinggi, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukit­tinggi, Syofia Dasmauli dan pihak jasa raharja. (h/tot)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]