Baznas Salurkan Zakat di Kecamatan Guguk Panjang


Kamis, 30 Juni 2016 - 06:03:14 WIB
Baznas Salurkan Zakat di Kecamatan Guguk Panjang Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatis memberikan sambutan sebelum dilakukan penyerahan zakat secara simbolis di Masjid Jami Tarok, Kecamatan Guguk Panjang. (RUDI GATOT)

BUKITTINGGI, HA­LU­AN — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bu­kit­tinggi, kembali salurkan zakat kepada 173 warga kurang mampu di Kecamatan Guguak Panjang. Penyerahan zakat tersebut di­berikan se­cara simbolis oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nur­matias di Mesjid Jami’ Ta­rok, Rabu (29/6).

Dalam kegiatan penye­rahan tersebut, Ramlan me­ng­harapkan penyaluran zakat yang dilakukan dapat mem­bantu meringankan kebu­tuhan  masyarakat dalam memenuhi kebutuhan untuk men­yambut Hari Raya Idul Fitri.

“Kita sengaja mengatur jad­wal pemberian zakat pada ming­gu akhir bulan Ra­ma­dan. Se­hing­ga zakat yang diberikan betul-betul di­manfaat­kan untuk memenuhi kebutuhan men­yam­but Le­baran,” jelas Ramlan.

Menurutnya, ke depan baz­nas juga akan menya­lurkan zakat berupa bantuan modal usaha. Bantuan ter­sebut tidak diberikan dalam bentuk uang tunai, me­lain­kan berupa peralatan yang dapat digunakan untuk meng­gem­bangkan usaha dan mening­katkan perekonomian ke­luarga, sehingga pada akhir­nya tidak ada lagi warga Kota Bukittinggi yang miskin.

Ketua Baznas Kota Bukit­tinggi, Rahman Ritonga me­nga­ta­kan, pada tahun 2016 baznas menargetkan menya­lurkan zakat sebesar Rp1.8 milliar. Zakat yang dikum­pulkan oleh baznas disalur­kan kepada yang berhak menerima zakat yang ter­gabung kepada asnaf yang delapan (orang yang berhak menerima zakat).

“Untuk pendistribusian zakat dilakukan melalui lima program, yakni Bukittinggi Takwa, Bukit­tinggi Cerdas, Bukittingi Peduli, Bukittinggi Sehat dan Bukit­tinggi Mak­mur. Alhamdulillah, dari zakat yang dikumpulkan baz­nas dari tahun ke tahun pen­distribusiannya telah ma­m­pu menekan angka kemis­kinan di Bukittinggi,” katanya.

Kegiatan penyerahan za­kat bagi warga kurang mam­pu men­jelang Lebaran, lan­jut­nya, meru­pakan bagian dari program Bukittinggi Peduli. Zakat diberi­kan di tiga kecamatan, yaitu 256 orang di Kecamatan Man­diangin Koto Selayan, 173 orang di Kecamatan Guguak Panjang dan 291 orang di Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh. Masing-masing mus­tahiq menerima zakat sebesar Rp400 ribu.

Menurut Rahman, keber­hasilan baznas mengelola zakat tidak terlepas dari dukungan dan imbauan Wali­kota Bukit­tinggi kepada PNS di jajaran Pemko Bukittinggi untuk men­ya­lurkan zakatnya kepada baznas.

“Dukungan dan per­hati­an pemerintah kota kepada baznas cukup tinggi. Per­hatian dan dukungan yang diberikan merupakan bentuk komitmen dalam upaya pe­ngen­tasan ke­miskinan di Bukittinggi,” terang profesor ini. (h/tot)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 13 Januari 2020 - 16:39:44 WIB

    Wabup Amrizal Dt Rajo Medan Serahkan Beasiswa SKSS Baznas

    Wabup Amrizal Dt Rajo Medan Serahkan Beasiswa SKSS Baznas DHARMASRAYA,HARIAN HALUAN.COM- Wakil Bupati Dharmasraya H. Amrizal Dt Rajo Medan, didampingi Sekda H. Adlisman, Ketua Baznas H. A Gani, Kepala Kamenag Dharmasraya serahkan Bantuan Beasiswa..
  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 10:26:36 WIB

    Baznas Pesisir Selatan Bantu Korban Kebakaran Rp70 Juta

    Baznas Pesisir Selatan Bantu Korban Kebakaran Rp70 Juta PAINAN,HALUAN.COM- Empat kepala keluarga (KK) yang rumahnya terkena musibah kebakaran di Kecamatan Bayang dan Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan,  menerima bantuan  dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pessel sebesar.
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 05:40:20 WIB

    Baznas Salurkan Zakat untuk Keluarga Kurang Mampu

    Baznas Salurkan Zakat untuk Keluarga Kurang Mampu PASBAR, HALUAN — Badan Amil Zakat Daerah ( Bazda) Kabupaten Pasaman Barat tak hentinya menyalurkan bantuan zakat kepada fakir miskin di sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten tersebut. Kali ini, Rabu (29/6), Pemkab melal.
  • Selasa, 21 Juni 2016 - 03:32:04 WIB

    Baznas Salurkan Zakat untuk 196 Mustahiq

    Baznas Salurkan Zakat untuk 196 Mustahiq SAWAHLUNTO, HALUAN — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto kembali menyalurkan dana bantuan zakat periode Juni 2016 kepada para mustahiq yang ada di empat kecamatan di kota ini. Baznas Sawahlunto menyalurkan ba.
  • Kamis, 16 Juni 2016 - 02:45:42 WIB

    Baznas Salurkan Zakat untuk 48 Mahasiswa Kurang Mampu

    Baznas Salurkan Zakat untuk 48 Mahasiswa Kurang Mampu BATUSANGKAR, HALUAN — Meskipun Tanah Datar punya keterbatasan anggaran, namun untuk sektor pen­didi­kan, Kabupaten Tanah Datar akan terus melakukan upaya seperti berkoordinasi dengan Baznas Tanah Datar..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM